Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 14 Mei 2022

KJJT Bojonegoro, Gelar Acara Sinau Bareng dan Halal Bihalal


Bojonegoro, SNN.com - Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) menjadi sebuah organisasi kewartawanan yang programnya mengedepankan Pendidikan Jurnalistik. 

Hal itu, terbukti adanya kegiatan Sinau Bareng Jurnalistik yang telah dilaksanakan di tingkatan Pengurus KJJT Kabupaten/Kota.  Seperti yang dilaksanakan oleh KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur ini. 

Setelah berhasil menggelar Sinau Bareng Jurnalistik yang digelar di Desa Mulyoagung, Kecamatan Balen, kini KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro kembali menggelar Sinau Bareng Jurnalistik yang ke-2, yang mengambil Tempat, di Pendopo Kecamatan Bojonegoro Kota, Sabtu, (14/5/2022). 

Acara Sinau Bareng Jurnalistik kali ini, menghadirkan Dosen Pembimbing Arieyoko, yang juga Mantan Ketua PWI Bojonegoro dan Wartawan Harian Republika itu.

Dalam bimbingannya, Mas Arie (Sapaan akrab), berharap agar mereka yang sudah mengaku berprofesi wartawan, harus bisa menulis, dengan berpedoman pada 5 W + 1 H. 

“Saya punya teman KJJT sangat senang, bila ingin ngopi bareng atau mau Dolan ke rumah untuk bicara tentang Jurnalis pintu rumah saya terbuka bagi teman-teman KJJT  Saya ini tidak terlalu banyak nggedabrus, tetapi hingga purna saya masih terus menulis, terutama tentang sastra,” ungkap Mas Arie, Jum'at (14/5/2022).

Lanjut Mas Arie, menulislah kawan-kawan, menulis dengan jernih jangan dengan emosi.

"Mari kita menambah skill, karena Jurnalis itu tidak boleh mengalami kemunduran fisik, tetapi harus terus semangat menulis dan jangan sampai  kendor," ungkap mantan Ketua PWI Bojonegoro Periode 1984-1986.

Ditambahkan, sebagai jurnalis, dirinya mengajak bahwa Jurnalis itu harus ikut komunitas seperti di wadah KJJT ini. Dengan masuk di KJJT maka bisa punya teman yang seprofesi sehingga bisa saling bisa membantu dan  tolong-menolong. 

"Kegiatan  Sinau bareng seperti ini bisa dirembug dan "disonggo sesarengan" atau dengan bergotong-royong," kata Mas Arie menegaskan.

Sementara itu, Ketua KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro, Sukisno, dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan Sinau Bareng Jurnalistik yang sedang dijalankan tersebut merupakan program KJJT Pusat. 

"KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro merupakan kepengurusan di tingkat Kabupaten/Kota, yang sudah melaksanakan Sinau Bareng hingga kegiatan ini memperoleh apresiasi dari Ketua Umum KJJT Bang Ades S Maulana," ungkap pria yang sehari-hari aktif  sebagai Pemimpin Redaksi rakyatnesia.com itu.

Lanjut Pak Kis (demikian, akrab disapa), pihaknya berharap kegiatan Sinau Bareng ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan atau secara kontinyu setiap sebulan sekali.

Pihaknya berharap dengan sinau bareng, Maka Wartawan yang tergantung di KJJT Wilayah Bojonegoro kwalitas tulisanya bisa semakin baik dan berita semakin banyak dinikmati masyarakat secara luas. 

Suwahab Wartawan suara gegana Indonesia menyatakan jika dirinya sangat senang bisa mengikuti kegiatan Sinau Bareng Jurnalistik yang digelar oleh KJJT yang menjadi organisasi kewartawanan yang diikutinya itu. 

"Dengan sinau bareng ini, saya bisa memahami tentang cara menulis yang baik dan semakin menambah wawasan tentang dunia Jurnalis," ungkapnya.

Bahkan Jurnalis yunior Hengky Budi Kurniawan 
dari media siber jurnal1.id yang mengikuti acara Sinau Bareng Jurnalistik langsung tertarik dan menyatakan bergabung menjadia anggota KJJT Wilayah Bojonegoro tersebut.

Acara ditutup dengan foto bersama dan dilanjut dengan halal bihalal untuk saling bermaaf-maafan.

**(Sumber: Humas KJJT Wilayah Kabupaten Bojonegoro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"