Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 09 September 2022

Tari Topeng Kaliwungu oleh Siswa SMPN 1 Tempeh, Meriahkan Peresmian Kantor FORJI


Lumajang, SNN.com - Kantor Sekretariat Forum Jurnalis Independen (FORJI) Lumajang pada hari Kamis,8-9-2022,pukul 11.00 wib secara resmi telah diresmikan AKBP Dewa Putu Eka D,S.I.K.,M.H Kapolres Lumajang.Jurnalis Lumajang yang tergabung dalam Forum Jurnalis Independen ( FORJI ),resmi menempati kantor baru di Jl. Brigjen Katamso Gg. Kesehatan I No.3 (Akper Unej) Lumajang.

Acara peresmian dihadiri oleh Pimred Media cetak dan online, wartawan,Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra, Y.T.,S.T,Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.I.K.,M.H,Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lumajang Yudi Teguh Santoso,S.H,Kasi Pontren Lumajang Umar Hasan,S.Ag.,M.A,Sekretaris Pemuda Pancasila Akhmad,Adv Rohim Ketua Peradi / Ketua Sadarkum dan Muspika Kecamatan Lumajang serta Toga dan Tomas juga masyarakat lingkungan Kantor FORJI.

Acara berjalan lancar dan meriah khususnya saat acara dibuka dengan Tarian Topeng Kaliwungu yang dibawakan oleh siswa siswi SMPN 1 Tempeh di bawah asuhan langsung Sujanar,S.Pd.,M.M Kepala Sekolah SMPN 1 Tempeh Lumajang. 

Dalam sambutanya Ketua Panitia, Abdul Basir menyampaikan ucapan terimah kepada semua pihak atas kehadirannya di acara peremian kantor sekretariat FORJI dan santunan ke 30 anak yatim.Abdul Basir menegaskan bahwa, "FORJI adalah independen dan menganut Pers Merdeka dalam menyajikan berita acktual, tajam dan terpercaya,"tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua FORJI, Bawon Sutrisno, S.Sos menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas kehadiran Kapolres Lumajang, Dandim 0821 Lumajang,Kasi Intel Kejaksaan Negeri Lumajang,Kasi Pontren,Ketua F-Wamipro dan jajarannya,dan semua tamu undangan lainnya.

Bawon menjelaskan FORJI didirikan tahun 2918 dan sudah berbadan hukum nasional. 
"Sebelumnya FORJI kantor sekretariatnya di Jln Veteran No. 12 Kunir Kidul Kecamatan Kunir dan sekarang pindah di kota dan diresmikan sekarang," jelasnya. 

"FORJI memiliki moto 'Penyambung Lidah Rakyat' artinya FORJI akan memperjuangkan setiap aspirasi masyarakat dengan segenap kemampuan, FORJI dalam struktur ada devisi devisi, contoh disini ada devisi advokasi hukum dan devisi ham dan ada 8 devisi, itupun tiap devisi strukturnya tidak lengkap, cuman ada 3 anggota tiap devisi,"ujar Bawon. 

Selanjutnya Bawon menjelaskan bahwa di Lumajang ada 4 organisasi wartawan, FKWL, IWL, F-JINLU dan FORJI. 

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D,S.I.K.,M.H, dalam sambutannya menyinggung era digital 4.0, "artinya saat ini dalam hunting berita tidak harus datang langsung ke lokasi atau wawancara tetapi bisa cukup menelpon ke bagian humas maka berita sudah bisa diperoleh,yang penting nara sumber jelas dan bisa dipertanggung jawabkan,"jelasnya.

Diakhir sambutan Kapolres berpesan kepada Jurnalis yang hadir agar dalam bertugas berpegang teguh pada Tupoksi Jurnalis, jangan berdasar sentimen atau kedengkian atau berita Hoax sehingga mengakibatkan keresahan di masyarakat.

"Mari kita jaga bersama keamanan dan ketertiban di Lumajang yang sudah baik ini,"tutur Kapolres.

Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra,Y.T., S.T juga memperkenalkan diri didalam sambutannya. 

Selanjutnya acara berikutnya ceramah agama oleh Kyai Umar Hasan, S. Ag.,M.A Kasi Pontren Kemenag Lumajang. 

Puncak acara pembagian  santunan ke 30 anak yatim dan dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng oleh Kapolres, Dandim, dan Kasi Intel dan diberikan kepada Ketua FORJI, Sekretaris FORJI,Ketua PanPel, tanda telah diresmikan Kantor Sekretariat FORJI. 

Dengan tampilnya penyanyi lokal dengan di iringi musisi kenamaan asal kota Tempeh, maka acara peresmian kantor sekretariat FORJI berakhir dan berjalan lancar dan sukses. (Arini).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"