Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Senin, 10 Oktober 2022

Bupati Lumajang Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor Ranupani, Bupati Inginkan Perubahan Konsep Pertanian Menjadi Terasering


Lumajang, SNN.com - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berharap masyarakat Ranupani mengubah konsep pertaniannya menjadi terasering. Menurutnya hal itu perlu dilakukan mengingat potensi longsor yang diakibatkan kemiringan tanah pertanian yang cukup curam.

"Kami follow up sosialisasikan pertanian terasering harus dilakukan untuk persawahan dengan kemiringan yang sangat terjal karena kalau tidak ini membahayakan pemukiman padat," ujarnya saat meninjau lokasi banjir bandang di Desa Ranupani, Senduro, Minggu (09/10/2022).

Hujan deras yang terjadi pada Jum'at malam hingga Sabtu kemarin membawa material lumpur dari lereng bukit pertanian masyarakat Ranupani yang mengakibatkan banjir bandang dan sejumlah titik terjadi longsor.

Bupati menilai konsep pertanian yang digunakan oleh masyarakat Ranupani saat ini masih rawan longsor. Dengan dibuatkan lereng-lereng gunung terasering atau sengkedan, mencegah terjadinya longsor pada lereng sehingga lereng pegunungan menjadi lebih stabil

Sementara, terkait penanganan bencana banjir bandang, bupati menjelaskan bahwa saat ini prioritas utama adalah pembersihan akses jalan yang tertutup oleh material lumpur. Pemerintah melalui BPBD Kab. Lumajang dan Dinas Sosial juga telah mendirikan dapur umum untuk mencukupi kebutuhan logistik dan kebutuhan dasar masyarakat terdampak.

"Beberapa rumah harus diperbaiki, tahapan saat ini prioritas tentang jalur atau jalan tertimbun lumpur dibersihkan selanjutnya masyarakat yang rumahnya terdampak. Kami juga sudah siapkan beberapa kebutuhan dasar seperti selimut, alas tidur kasur bahan makanan pokok dapur umum sudah dibangun, kebutuhan dasar sudah ada di sini, prinsipnya sekarang masyarakat yang terdampak kami tangani, pembersihan lokasi juga ditangani," jelas bupati. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"