Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Sabtu, 29 Oktober 2022

Jalan Nglenyer Dongkrak Penjualan Jambu Kristal Merah Bandungrejo Ngasem


Bojonegoro, SNN.com - Program Pemkab Bojonegoro bidang infrastruktur dengan membangun jalan hingga pelosok desa dirasakan manfaatnya oleh warga. Salah satunya, akses menuju destinasi agrowisata jambu kristal merah di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem makin mudah. Di lokasi wisata ini, pengunjung tak hanya mencicipi, tapi bisa langsung memetik jambu kristal dari pohonnya.

Desa Bandungrejo sendiri selama ini sudah dikenal dengan wisata buuah klengkeng. Namun, kini desa tersebut mengembangkan potensinya ke buah jambu kristal merah.  

Bagi Anda yang belum pernah ke sana, akses menuju ke lokasi wisata jambu kristal merah tidaklah sulit. Lokasinya berjarak 5 km dari pertigaan Polsek Ngasem dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 7 menit saja. Untuk pengguna roda empat juga mudah karena jalan lebar dan sudah cor beton.

Sesampai di lokasi jalan beraspal dan nglenyer. Di kanan kiri jalan, Anda akan disuguhi hamparan kebun jambu kristal merah dan juga kebun kelengkeng yang menghijau.

Damun (50), salah satu pengelola kebun jambu kristal merah mengatakan keberadaan kebun sudah ada sekitar setahun lalu. Hingga kini pengunjung selalu ramai. 

"Jambu kristal merah ini persilangan jambu kristal dan jambu merah. Ini saatu-satunya di Kabupaten Bojonegoro," terangnya.

Dia menjelaskan di kebun tersebut ada sekitar 600 pohon dan saat ini memasuki masa panen. Untuk harga sekitar Rp 15 ribu/kilogram. Para pemilik lahan, rata-rata meraih omzet Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

Sedang untuk pengunjung tak hanya datang dari Bojonegoro saja, melainkan juga datang dari luar daerah seperti Blora Jawa Tengah. Saat ini pemasaran buah jambu kristal merah juga merambah media sosial.

Jalan nglenyer menuju lokasi, dirasakan warga sangat membantu pengembangan wisata jambu kristal merah. Jalan aspal di lokasi berasal dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK). "Keuntungan lain adanya pembangunan jalan aspal sangat berdampak pada segi ekonomi masyarakat terutama para petani karena aksesnya jadi mudah," tuturnya.  

Sementara itu Kasi Kesejahteraan Desa Bandungrejo Suprihadi mengatakan, pihaknya mendukung penuh potensi wisata kebun jambu kristal merah. "Semoga bisa meningkatkan perekomiaan masyarakat," terangnya, Jumat (28/10/2022). 

Apalagi saat ini, lanjut dia, di wilayah Bandungrejo sudah ditunjang jalan cor dan aspal sehingga memudahkan masyarakat untuk menuju lokasi wisata. "Desa Bandungrejo menyimpan banyak potensi wisata yang belum tergarap maksimal. Selain keberadaan jambu kristal merah juga ada kebun kelengkeng, ayam petelur dan juga peternak lebah," tegasnya.(mr/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"