Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 27 Oktober 2022

Pemkab Bojonegoro Paparkan Pelaksanaan Pilkades Serentak ke Kemendagri


Bojonegoro,SNN.com - Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melakukan pemaparan teknis pelaksanaan Pilkades serentak Gelombang I tahun 2022 bersama Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri. Kegiatan ini melalui zoom meeting di Command Center Kabupaten Bojonegoro, Rabu (26/10/2022).

Kepala DPMD Bojonegoro Machmuddin hadir bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Pemkab Bojonegoro Djoko Lukito, Perwakilan DPMD Provinsi Jawa Timur, Kodim 0813, Polres, dan Kejaksaan Negeri Bojonegoro.

Dalam Paparannya, Djoko Lukito menegaskan dalam pelaksanaan Pilkades serentak Gelombang I di Kabupaten Bojonegoro ini menerapkan protokol kesehatan. Karena saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19.

"Calon Kepala Desa masuk TPS induk ada screening. Begitu juga para pemilik hak pilih, selanjutnya setelah memilih tidak dicelupkan jarinya namun ditetes. Dengan begitu steril tinta yang digunakan," ungkapnya.

Djoko juga menegaskan seluruh pengamanan sudah diturunkan dan ada di desa sejak H-1. Hal itu guna memastikan dan menjaga keamanan pra acara, hingga pasca acara.

"Harapannya pelaksanaan maupun setelah pelaksanaan berjalan dengan lancar," tandasnya.

Dalam persiapan Pilkades serentak Kabupaten Bojonegoro yang diikuti 33 Desa dari 21 Kecamatan, lanjut Djoko, sebelumnya telah dilakukan sosialisasi, bimtek, rapat-rapat teknis, hingga deklarasi damai para calon kepala desa. Selain itu juga digelar acara pembinaan dan pemantapan Pengawas, BPD panitia hingga tingkat desa.

"Di Pilkades serentak Gelombang I ini ada 88 calon kepala Desa dan 69.832 DPT dengan 169 TPS. Sebab dimasa pandemi ini ada beberapa TPS pembantu dan satu TPS induk disetiap Desa," pungkasnya. [Mr/red]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"