Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Senin, 24 Oktober 2022

Pemkab Bojonegoro Lakukan Pemantapan Kesiapan Pilkades Serentak di Ngasem


Bojonegoro, SNN.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) kembali melakukan Pembinaan dan Pemantapan Kesiapan Pemilihan Pilkades Serentak Gelombang I, Senin (24/10/2022). Acara yang digelar di Pendopo Kecamatan Ngasem ini diikuti perwakilan dari 9 Kecamatan.

Sembilan kecamatan tersebut yakni Ngasem, Malo, Tambakrejo, Margomulyo, Ngraho, Kedewan, Padangan, Purwosari, dan Kasiman. 

Dalam Sambutanya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Djoko Lukito mengatakan Pilkades serentak gelombang I Tahun 2022 diikuti 33 desa di 22 Kecamatan Bojonegoro. Jadwal Pilkades telah ditentukan, yakni Rabu tanggal 26 Oktober 2022. 

Kegiatan pembinaan dan pemantapan di wilayah kecamatan Ngasem ini adalah putaran terakhir. Sebelumnya, Sabtu (22/10/2022) telah dilakukan di wilayah Kecamatan Kanor, dan dilanjutkan wilayah tengah pada Minggu (23/10/2022) di Kecamatan Dander. 

“Kegiatan ini untuk memantapkan persiapan panitia termasuk BPD agar dalam pelaksanaan nanti tidak ada kekhawatiran dan bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya. 

Pilkades gelombang I Tahun 2022 ini sebenarnya tidak berbeda dengan Pilkades sebelumnya. Hanya saja yang membedakan untuk TPS menyesuaikan masa pandemi covid-19. Sehingga Kemendagri menghendaki bahwa TPS harus berada di wilayah-wilayah, tidak boleh berada di dalam satu tempat saja. 

“Sekarang harus berada di wilayah-wilayah. Maksimal 500 pemilih di dalam satu TPS,” tegasnya. 

Sementara itu, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Bojonegoro Muhamad Fatih mengatakan panitia, pengawas, dan BPD perlu membaca aturan dan mengerti isinya. "Mumpung masih ada dua hari," tuturnya.

Fatih menjelaskan panitia harus memahami tugas dan fungsinya di lapangan. Hal itu untuk mengantisipasi tersandung masalah hukum. 

Dalam kesempatan sama, Kabag Ops Polres Bojonegoro Kompol Yusis menekankan kepada panitia agar benar-benar netral. Karena Pilkades tergantung panitia, pengawas dan BPD. "Untuk itu saya minta tolong setelah keluar dari sini, panitia, pengawas, dan BPD nantinya tidak ada yang berpihak pada salah satu calon,” tegasnya.

Salah satu panitia Pilkades, Desa Bakalan Kecamatan Tambakrejo Ali mengaku telah siap melaksanakan Pilkades serentak gelombang I ini. Persiapan sudah 90% untuk kelengkapan seperti surat suara sudah dilipat dan untuk besok hari h-1 penandatanganan. “Hari Rabu jam 06.00 pagi sudah kita kirimkan semua logistik ke TPS masing-masing,” tegasnya. [Mr/red]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"