Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 28 Oktober 2022

ASPERS KASDAM IV/DIPONEGORO : HARI SUMPAH PEMUDA MERUPAKAN INSPIRASI PENGGERAK LANGKAH MENUJU VISI BANGSA YANG BESAR


SEMARANG, SNN.com – Kodam IV/Diponegoro menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Lapangan Makodam IV/Diponegoro, diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodam, dengan Inspektur upacara Aspers Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Hendi Ahmad Pribadi, S.I.P. Jumat (28/10/2022).

Membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Zainudin Amali, Aspers mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah salah satu upaya menghadirkan sejarah masa lalu sebagai pembelajaran sekaligus tolak ukur untuk dijadikan teladan maupun inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 dahulu memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur bukan menjadi halangan yang dapat melemahkan bangsa Indonesia, melainkan perbedaan tersebut menjadikan satu kekuatan yang besar. Terbukti dahulu Pemuda memiliki peran penting dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

“Sejarah telah membuktikan bahwa Pemuda menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Perannya juga telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa”

Seperti tema yang diangkat “Bersatu Bangun Bangsa”, pesan yang tersirat dibalik kata kata tersebut yakni bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan guna menjadi kekuatan dalam melaksanakan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Inilah yang menjadi tekad kita Bersama untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita cita saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu sungguh sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur”

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Pemuda saat ini merupakan tokoh yang akan berperan di masa mendatang, sebab apa yang dilakukan sekarang akan menjadi tulang punggung penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Termasuk dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045.

“Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras”. (SNN.COM-H.R.Alex/Pendam IV/Diponegoro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"