Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 31 Oktober 2022

Kodim 0812/Lamongan Dalam UKM Unggulan Ikut Pameran Nasional


Lamongan, SNN.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman bersama jajaran membuka kegiatan bazar UMKM bertajuk "UMKM Kuat, Indonesia Bangkit" di kawasan Buperta Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim). Hal itu dilakukan, salah satunya mengikuti perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk mengantisipasi kerawanan pasca COVID-19 dan ketahanan pangan.

"Sesuai dengan perintah Presiden Indonesia bahwa untuk mengantisipasi kerawanan pangan pasca COVID-19, beberapa langkah di lakukan. Salah satunya adalah masalah peningkatan UMKM, baik dari seluruh anggota TNI maupun Persit yang ada. Termasuk warga yang ada di sekitar dengan memanfaatkan para pengusaha di sekitarnya," kata Jenderal Dudung di lokasi, Minggu (30/10/2022).

Dalam hal ini Kodim 0812/Lamongan melalui anggota persit Ny Musnan istri dari anggota Kodim 0812 Lamongan Sertu Musnan melalui Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) miliknya untuk melakukan promosi dan pemasaran produk pada kegiatan Bazar dan Workshop yang diselenggarakan Teritorial Mabes TNI AD bekerja sama kemantrian pariwisata ekonomi kreatif dan kemantrian koperasi UMKM pada Sabtu (29/10) hingga Minggu (30/10) di Buperta Cibubur Jakarta Timur.

UMKM binaan Kodim 0812/Lamongan yang mengikuti pameran diantaranya, “Olahan Sorgum” Olahan sorgum berbahan dasar sorgum dengan subtitusi tepung gluten free lain sprti tepung jengkerut, tpung porang, tpung beras, tepung singkong. Dan benar2 bebas dari tepung terigu, sehingga meskipun sedikit tetap berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi lokal, Krn selama ini Indonesia belum bisa memproduksi tepung terigu sendiri sebab bahan dasarnya gandum adalah produk impor

Produk yg d hasilkan adalah Beras, Tepung sorgum, Sus kering, Rengginang, Sorgum kribo, Kecap, Aren jenang, Krupuk pedas manis, Krupuk bawang, Roti tawar, Sirup Sorgum, Mie kering, Mie instan goreng, Tepung roti tawar, Tape, Tempe, Abon mujair

Dalam pameran ini KASAD Dudung terlihat berkeliling ke tenda-tenda yang menjajakan produk UMKM, baik kerajinan tangan maupun makanan. Dia nampak berbincang-bincang dengan penjual.

Harapannya, dengan meningkatkan UMKM, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dudung juga menyinggung soal operasional UMKM yang kini mulai dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Karena memang dengan meningkatkan UMKM ini, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sistemnya sekarang sudah tidak saja konvensional, tetapi sudah menggunakan digitalisasi. Sehingga memudahkan kepada para pelaku UMKM yang bisa meningkatkan usahanya," ujarnya.

"Inilah yang ingin saya sampaikan, mudah-mudahan ke depan kita akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan masyarakat justru dengan UMKM ini bisa belajar untuk berusaha. Sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin terjaga," sambungnya.

Pada kesempatan ini komandan kodim 0812/Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf di tempat terpisah di sela kegiatan menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk komunikasi sosial antara TNI AD dgn para pelaku UMKM sebagai salah satu komponen bangsa. Diharapkan melalui kegiatan ini TNI AD dpt berpartisipasi membantu pemerintah dlm memberdayakan UMKM sbg salah satu penopang utama perekonomian Indonesia. Inilah sebagian kecil upaya nyata TNI AD bersama stakeholder lainnya dlm membantu Pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat. "Ungkapnya (pendim0812)

Reporter : Zainal A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"