Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Minggu, 06 November 2022

Ketua Koni Beri Apresiasi Pada Ketua MPC PP Atas Terselenggaranya Lomba Catur se Kabupaten Lumajang


Lumajang, SNN.com - MPC Pemuda Pancasila Lumajang menggelar event turnamen Catur yang dilangsungkan di Gedung Sujono Lumajang pada Sabtu (6/11/2022), pukul 08.30 WIB. 

Even catur yang di selenggarakan untuk umum ini, adalah termasuk rangkaian kegiatan MPC PP Kabupaten Lumajang dalam rangka HUT PP ke 63 Tahun. 

Ketua MPC Pemuda Pancasila Agus Setiawan mengatakan, turnamen catur ini diselenggarakan dalam rangka mencari bibit potensi atlit catur, yang selama ini masih dalam pengembangan bakat bermain Catur. 

Even catur ini akan disediakan hadiah uang sebesar Rp10 juta rupiah termasuk tropy bagi para pemenang sebagai uang pembinaan atlit catur berbakat. 

Agus Setiawan menambahkan, even catur ini terbuka untuk masyarakat umum dan tanpa batasan usia. Adapun biaya pendaftaran adalah gratis alias tak dipungut biaya.

"Output dari kegiatan ini diharapkan, akan menemukan atlit atlit catur yang handal untuk bisa mengikuti lomba lomba catur di tingkat jenjang lebih tinggi," ujar Agus lebih lanjut.

Selain itu Agus juga menuturkan kegiatan ini juga  salah satu cara MPC Pemuda Pancasila untuk peduli pengembangan catur di kabupaten Lumajang, sekaligus sebagai ajang mempromosikan minat catur di kota pisang ini.

"Lomba catur ini yang mengadakan adalah Pemuda Pancasila, dan didukung oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Lumajang sebagai induk dari cabang olahraga ini,"ucapnya.

Lebih lanjut Agus Setiawan juga mengatakan, kalau di Lumajang ini sebenarnya banyak  potensi atlit catur sampai tingkat nasional. Oleh sebab itu dirinya diharapkan ada support bagi atlit catur Lumajang dalam mengembangkan kemampuan tandingnya.

"Pengalaman bertanding itu sangat penting bagi atlit catur. Jika pecatur berbakat terus mengasah jam terbang bertandingnya, maka berkemungkinan untuk terus berkembang ke peringkat prestasi yang lebih tinggi,"imbuhnya.

Disela sambutan itu Agus Setiawan mengaku terkejut adanya master yang juga ikut dalam lomba catur di Lumajang ini. Dan ini merupakan komitmen Pemuda Pancasila Lumajang untuk mengangkat percaturan di Lumajang.

"Tahu depan akan kita persiapkan atlit atlit catur di tingkat Porprov. Untuk itu saya ucapkan selamat bertanding. Dan dengan ini lomba catur MPC Pemuda Pancasila saya nyatakan di mulai,"tutup Agus Setyiawan. 

Di tempat yang sama Ketua Koni Ngateman,S.H dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setingginya atas penyelenggarakan ini. Selain itu Ngateman juga menyampaikan rasa terimakasih kepada para peserta yang mengikuti lomba tersebut, sebagai dukungan dibukanya olah raga cabang catur tersebut.

 ‘’Kami sampaikan apresiasi kepada Pak Agus Setiawan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dengan hati yang sangat dalam kami mengucapkan terimakasih kepada Agus Setiawan. Jadi hal ini menandakan bahwa catur di kabupaten Lumajang ini semakin bangkit," Jelas Ngateman.

Masih kata Ngateman, bahwa dirinya yakin peserta lomba catur semua ahli ini merupakan ahli strategi. Ya, kita harus menghadapai lawan. Semua bentuk perlombaan tentu ada juara atau tidak ada juara. Sportivitas diutamanakan untuk mempererat kebersamaan, kita juga mengingatkan garirah olahraga kepada masyarakat. 

"Hal yang sama pada lomba catur kali ini, termasuk membangkitkan semangat peserta,  misi kita bersama mengolahragakan masyarakat dan memasyaratkan olahraga di Kabupaten Lumajang," pungkas Ngateman. 

Reporter   : Arini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"