Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 20 Januari 2023

LKP ATC, PT KOG Dan PT PAMA Berhasil Mencetak Warga Lokal Menjadi Tenaga Yang Memiliki Skill Operator Alat Berat

Kutai Barat, SNN.com – Setelah selama tiga bulan sebanyak 15 orang peserta pelatihan operator alat berat mengikuti pendidikan khusus baik teori maupun praktek di lapangan kini dinyatakan lulus 100%.

Hal itu disampaikan Direktur LKP Alfa Training Center (ATC) Kutai Barat, Serly Silia Marethana pada acara penutupan pelatihan operator alat berat di Kantor ATC Jl Naras Gunaq RT. 4 Simpang Raya kecamatan Barong Tongkok kabupaten Kutai Barat (Kubar) Senin (19/1/2023).

Serly menyebutkan bahwa ATC Kubar bekerjasama dengan PT Pamapersada Nusantara dan PT Kubar Outsource Global (KOG) yang dilaksanakan sejak 3 Oktober 2022 hingga 18 Januari 2023 telah selesai.

“Jadi kurang lebih selama 3 bulan pelatihan ini dilaksanakan termasuk pemagangan bagi 15 orang peserta, dan kami mengucapkan selamat kepada para siswa yang telah mengikuti pelatihan ini dari awal hingga selesainya pelatihan dengan nilai cukup baik, “ ujar Serly.

Penutupan dari seluruh rangkaian kegiatan pelatihan tersebut dihadiri Dinas Tenaga kerja (Disnaker) dan Transmigrasi Kubar, Jono seksi pelatihan kerja bidang pelatihan penempatan dan produktifitas tanaga kerja, Direktur PT Kubar Outsource Global (KOG) Markus Dino, Dinas Pendidikan Kutai Barat, Manajemen PT Pamapersada Nusantara Arif, Kiki dan Novan serta di ikuti seluruh peserta pelatihan operator alat berat sebanyak 15 orang yang berasal dari 10 orang asal Benangin Kalimantan Tengah dan 5 orang asal dari desa/kampung Besiq kecamatan Damai Kutai Barat.

Direktur PT Kubar Outsource Global (KOG) Markus Dino menyebutkan. “Saya ucapkan selamat kepada para peserta yang telah mengikuti pelatihan ini, kami dari manajemen PT KOG mengharapkan apa yang telah di dapatkan dalam pelatihan ini benar-benar nanti bisa di praktekkan pada dunia kerja.

“Dan kami berharap ketika memasuki dunia kerja sudah pasti kita akan berkomunikasi dengan rekan-rekan yang lain khususnya operator kita agar bisa menunjukkan bahwa kita telah terdidik dengan baik sesuai apa yang telah di canangkan oleh perusahaan agar bisa tercapai sehingga bisa berkontribusi kepada perusahaan, “ harap Dino.
Hal senada juga disampaikan pihak Disnaker dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Barat, Jono bidang pelatihan penempatan dan produktifitas tanaga kerja sangat mengapresiasi prestasi yang telah dicapai bagi para peserta pelatihan.

“Kami sangat puas serta mengapresiasi khususnya kepada para peserta pelatihan bisa lulus semua selama mengikuti praktek di lapangan artinya mereka benar-benar serius dan Pemerintah daerah tentunya sangat bangga dengan prestasi mereka“ Ucap Jono.

Pelatihan operator alat berat ini terselenggara atas kerjasama LPK Alfa Training Center (ATC) Kutai Barat dan PT Kubar Outsource Global (KOG) sebagai penyedia dan sekaligus mencetak tenaga-tenaga lokal yang handal.

Melalui program perusahaan yaitu Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap aktivitas bisnis di mana perusahaan bertanggung jawab secara sosial kepada pemangku kepentingan dan masyarakat sebagai bentuk perhatian dalam meningkatkan kesejahteraan serta berdampak positif bagi lingkungan.

Hal itu disampaikan Manajemen PT Pamapersada Nusantara Arif mengatakan.
“Terlaksananya kegiatan ini dari pembukaan hingga penutupan merupakan program PT. Pamapersada Nusantara melalui CSR. Namun sebelum melaksanakan proses pelatihan bagi para peserta kita melakukan seleksi cukup ketat.

"Dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan peserta sebanyak 15 orang dinyatakan lulus dengan hasil kukup memuaskan, “ ujar Arif, sembari memuji keseriusan para peserta yang telah lulus 100%.

Arif juga menambahkan bahwa dengan adanya pelatihan ini merupakan kesempatan dan agar bisa digunakan sebaik-baiknya.
“Dan Alhamdulillah di tahun ini kita sangat membutuhkan tenaga kerja dan harapannya nanti rekan-rekan bisa bekerja maksimal, “ sambungnya.

Berhembus isu sebelumnya di media sosial bahwa setiap perusahaan di Kutai Barat itu pasti membutuhkan tenaga kerja yang berpengalaman atau mempunyai skill.

Nah untuk menepis rasa pesimis dari sebuah pandangan masyarakat apa iya tenaga lokal bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan sementara tenaga lokal tidak berpengalaman dan tidak memiliki keahlian khusus? ini jawaban manajemen PT. Pamapersada Nusantara.

“Kita pada hari ini telah menjawab isu itu adalah bahwa setiap perusahaan di Kutai Barat itu pasti membutuhkan tenaga kerja yang berpengalaman atau mempunyai skill.

Nah.. kami berusaha untuk menjawab isu itu dengan cara mengakomodir tentunya melalui kegiatan pelatihan seperti ini, hanya saja peserta bisa dapat maksimal dan bersungguh-sunguh agar mempunyai skill yang bisa menjadi modal ketika nanti ada perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki Skill atau kemampuan, “ tegas Arif.

Direktur PT Kubar Outsource Global (KOG) Markus Dino juga merasa sangat puas sekaligus bangga atas capaian serta tekad yang kuat bagi para peserta sehingga pendaftar sebanyak 15 orang dan dinyatakan lulus semua.

“Kami ucapkan terimakasih kepada manajemen PT Pama yang telah menggandeng PT KOG untuk yang kedua kalinya sehingga pada angkatan ke - 2 ini bisa berjalan dengan baik dan kita telah mencetak tenaga yang dapat diandalkan nantinya, " ujar Dino.

Pelatihan ini telah disesuaikan dengan standard PT Pama melalui beberapa kriteria. "Saya ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta pelatihan operator alat berat ini yang telah dinyatakan lulus semua dengan hasil yang sangat memuaskan, “pungkas Markus Dino Direktur PT Kubar Outsource Global.

Reporter : Johansyah.
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"