Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 31 Januari 2023

29 Pengurus YGA Lamongan Dilantik

Lamongan, SNN.com - Sejalan dengan tugas Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam mensejahterakan masyarakat, tak terkecuali usia lanjut, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mendukung serta mengapresiasi pelantikan pengurus Yayasan Gerontologi Abiyoso (YGA) Lamongan masa jabatan 2022-2027.

Dikukuhkannya 29 pengurus YGA oleh Ketua Umum YGA Provinsi Jawa Timur Mashoed, diharapkan dapat membantu dan mendukung pemerintah daerah dalam membina lansia di Lamongan. Terlebih, menurut Mashoed, tujuan didirikannya YGA sejalan dengan program pemerintah dalam menaikan angka usia harapan hidup.

"Hal ini sejalan dengan tugas Bupati untuk mensejahterakan masyarakat Lamongan tak terkecuali lansia, agar sejeahtera, bahagia, dan panjang umurnya," tuturnya.

Kedepan, yayasan yang udah berdiri sejak tahun 1993 tersebut, dicanangkan tidak hanya didirikan di tingkat kabupaten saja melainkan di tingkat kecamatan-kecamatan agar lebih luas dalam membina masyarakat.  

"YGA tidak cukup hanya sampai di kabupaten, harus di teruskan di kecamatan-kecamatan, dari kecamatan ini nanti bisa membantu dan membina para lansia di desa-desa. Karena saat ini di desa masih banyak lansia yang belum terbina dan bukan dari pensiunan," imbuhnya.

Selain itu, menurut Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan, YGA sejalan dengan program yang sedang digencarkan pemerintah Kabupaten Lamongan dalam program Slantang (Sekolah Lansia Tangguh). 

"Dalam membangun kejayaan Lamongan yang berkeadilan, atau Lamongan yang terkenal mashur infrastruktur, pembangunan, masyarakatnya sejahtera lahir dan batin. Pemerintah daerah mendesain pembangunan yang salah satunya melalui slantang, memang ini baru ada beberapa titik, namun kedepan programnya bisa direvitalisasi yang lebih banyak pada aktifitas penguatan mental," kata Pak Yes

Berdasarkan data surve, usia lanjut atau usia diatas 60-80 tahun merupakan usia produktif dalam sebuah kepemimpian, sehingga, dengan pencapaian emosional yang tinggi, Pak Yes berharap, kolaborasi bersama YGA dapat menciptakan energi besar untuk pembangunan Kabupaten Lamongan.

"Ketika kita sudah mencapai usia 60 keatas itu sebuah pencapaian emosiolan yang tinggi dari kesimbangan otak kanan dan kiri. Maka nanti akan lahir keputusan yang bijak dari akumulasi pengalaman yang didapatkan," ujar Pak Yes. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"