Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 28 Januari 2023

Antisipasi Banjir, Babinsa Bersama Warga Laksanakan Kerja Bakti Pengeruka Selokan

Lamongan, SNN.com - Babinsa Koramil 0812/13 Sugio Pelda Ratno Bersama Warga masyarakat melaksanakan kerja bakti membersihkan selokan di Dusun Randutawang Desa Supenuh Kecamatan Sugio.

Terlihat di lokasi mereka bergotong royong melakukan pembersihan (pengerukan) tanah pada saluran air (parit) sepanjang Jalan utama di Dusun Randutawang yang mengalami pendangkalan, yang mengakibatkan saluran tidak berfungsi dengan baik sehingga sering meluap dan banjir ketika hujan deras.

Babinsa Desa Supenuh, Pelda Ratno mengatakan pembersihan ini harus segera dilakukan, mengingat kondisi saluran air tidak berfungsi dengan baik yang bisa mengakibatkan terjadinya banjir. Apalagi sekarang sering terjadi hujan lebat.

“Kami bersama aparat Desa dan warga Dusun Randutawang berinisiatif melakukan kerja bakti pengerukan selokan ini. "Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan sering terjadi banjir jika hujan turun, apalagi saat ini memasuki musim penghujan,” terang Pelda Ratno.

“Bukan hanya jalan dan lingkungan, saluran air juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya, justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di saluran air atau drainase seperti ini, terlebih apabila terjadi banjir dan genangan air berpotensi menjadi sarang nyamuk. Oleh karena itu saya berharap warga tidak lagi membuang sampah sembarangan,” Pungkasnya.

Sementara itu, Danramil 0812/13 Sugio Kapten Inf Budi Santoso, menjelaskan, bahwa keberadaan Babinsa dalam masyarakat harus memiliki manfaat bagi masyarakat. “Babinsa harus bisa mencarikan solusi bagi masyarakat, dalam mengatasi masalah yang ada di masyarakat, serta membantu tenaga maupun pikiran, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk senantiasa membiasakan hidup bersih dan sehat, serta mampu membantu mengatasi kesulitan masyarakat binaannya,” terang Danramil (Pendim0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"