Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 31 Januari 2023

Lanal Aru Panen Sorgum di Lahan Ketahanan Pangan

Kepulauan Aru, SNN.com - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Aru melaksanakan panen Sorgum dilahan ketahanan pangan binaan Lanal Aru, Jumat (27/1/2023).

Panen Sorgun di lahan seluas 1.000 m² yang berlokasi di komplek Mako Lanal Aru dipimpin langsung Danlanal Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono, S.Sos., M.A., CHRMP dan dihadiri Perwira Staf, Prajurit dan Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 4 Korcab IX DJA/Lanal Aru.

Danlanal Aru, Letkol Laut (P) R. Heru Cahyono disela - sela kegiatan panen raya tersebut menyampaikan bahwa tanaman Sorgum merupakan makanan alternatif yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi untuk kesehatan. 

"Sorgum sendiri merupakan sumber makanan alternatif dari biji-bijian yang dapat menggantikan gandum, beras dan jagung serta bermanfaat bagi prajuritnya sekaligus menjadi proyek percontohan dan jadi inspirasi prajurit untuk dikembangkan dilingkungan tempat tinggalnya sehingga dapat memberikan nilai tambah," ucapnya.

Dikatakan, dilahan pertanian seluas 1.000 m², Sorgum yang ditanam Prajurit Lanal Lanal Aru tersebut membutuhkan waktu sekitar 80 hari dari mulai penanaman hingga panen sedangkan pengelolaan dan perawatannya dilakukan oleh Prajurit Lanal Aru.
Panen sorgum kali ini, kata Danlanal Aru, merupakan panen yang pertama kalinya dan terbilang cukup memuaskan karena sorgum yang ditanam tumbuh subur sampai memasuki masa panen. 

"Dengan hasil panen tersebut sedikit banyak dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan para anggota serta mengajak seluruh anggota Lanal Aru dapat mempraktekan dirumah dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang kosong baik di halaman rumah atau di lingkungan mako Lanal yang masih banyak lahan kosong, dimana kedepannya guna memenuhi kebutuhan keluarga," pungkas Letkol Laut (P) Heru.

Reporter : Nus Yerusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"