Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 26 Januari 2023

Wabup Timbul Prihanjoko Buka Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap

Probolinggo, SNN.com -.Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasikan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Kamis (26/1/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko, Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo Wida Rihardyan Adjie, perwakilan Polres Probolinggo serta sejumlah Kepala OPD terkait dan kepala desa penerima program PTSL tahun 2023.

Kegiatan sosialisasi PTSL tahun anggaran 2023 di Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo mendapat target Peta Bidang Tanah (PBT) sejumlah 10.052 bidang dan target Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) sejumlah 17.947 bidang tanah.

Lokasi PTSL tahun anggaran 2023 di Kabupaten Probolinggo direncanakan di 25 desa yang tersebar di 8 (delapan) Kecamatan meliputi Kecamatan Maron, Sumber, Lumbang, Leces, Kraksaan, Krucil, Kuripan dan Krejengan.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo Wida Rihardyan Adjie mengatakan sejak 2017 hingga 2022 di Kabupaten Probolinggo telah melaksanakan program PTSL di 24 kecamatan dan 200 desa. Dari 327 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Probolinggo, sehingga masih menyisakan 127 desa/kelurahan yang masih belum.

“Target kami dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), bahwasanya kabupaten atau kota di Indonesia setidaknya di tahun 2025 itu sudah terukur dan terpetakan. Syukur juga dapat di tindak lanjuti dengan sertifikasinya,” katanya.

Pihaknya berharap bukan hanya tanah masyarakat, tetapi juga aset-aset pemerintah daerah yang perlu untuk di sertifikasi seperti aset-aset pemerintah desa dan Pemkab Probolinggo, termasuk jalan desa yang masih menjadi pemeliharaan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Dengan adanya sertifikasi aset ini, setidaknya mengurangi beban Pemerintah Kabupaten Probolinggo dari segi anggaran dan memberikan ruang lebih dalam hal monitoring aset daerah,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko sangat mendukung dan menyambut baik program PTSL yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo.

“Sebagai bentuk dukungan untuk mengoptimalkan pelaksanaan PTSL, Pemerintah Kabupaten Probolinggo bersinergi dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo dan Pemerintah Desa/Kelurahan mewujudkan sistem informasi pertanahan lengkap di setiap desa/kelurahan yang valid dan berkelanjutan, sehingga program PTSL dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien,” katanya.

Wabup Timbul mengakui bahwa maraknya sengketa tanah yang menyangkut hak dan status tanah di Kabupaten Probolinggo. Pihaknya mengapresiasi kegiatan sosialisasi PTSL yang diselenggarakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo yang berinisiatif melaksanakan sosialisasi PTSL pada hari ini. Terima kasih dan apresiasi juga saya sampaikan atas kelancaran dan keberhasilan PTSL pada tahun anggaran sebelumnya di Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Selanjutnya Wabup Timbul juga mengharapkan kepada pihak terkait agar berperan aktif untuk mensukseskan kegiatan PTSL tahun 2023 ini.

“Saya berharap kepada semua jajaran terkait agar berperan aktif dalam mensukseskan program ini, khususnya para camat dan kepala desa kiranya dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal mengawal penyelenggaraan program ini sehingga masyarakat bisa memperoleh pelayanan yang sebaik-baiknya,” pungkasnya. 
( Feni )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"