Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 20 Januari 2023

Kombes Pol Anggie Yulianto Membuka Secara Resmi Pelatihan Satpam Gada Pratama Ke-IV 2023. Dirbinmas Polda Kaltim: Tidak Terpaksa Mengikuti Pelatihan Jadikan Sebagai Kebutuhan

Amanat tertulis Dirbinmas Polda Kaltim Kombes Pol Anggie Yulianto Putro SH., SIK , MH., CPHR. Dibacakan Kasat Binmas Polres Kubar AKP Abdul Mutolib saat membuka pelatihan Diksar Satpam Angkatan ke-IV Tahun 2023
Kutai Barat, SNN.com – PT Kubar Outsource Global (KOG) dan DPC Asosiasi Profesi Satuan Pengamanan Indonesia (APSI) Kutai Barat (Kubar) kembali menggelar program pendidikan dasar (Diksar) pembukaan pelatihan Satpam Gada Pratama angkatan ke IV Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh perusahaan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) PT Kubar Outsource Global (KOG) bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur
sejak tanggal 20 Januari s/d 10 Februari 2023 berlangsung di UPT Lamin Taman Budaya Sendawar (TBS) di Barong Tongkok Jumat (20/1/2023) pagi.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Direktur PT Kubar Outsource Global (KOG) Markus Dino, Kasat Binmas Polres Kubar AKP Abdul Mutolib, Sekretaris DPC APSI Kubar Jordi, pengurus DPC APSI Kubar, Staf Binmas Polres Kubar, dan Peserta Diksar Satpam Gada Pratama berasal dari perusahaan dan perorangan sebanyak 29 orang.

Bertindak selaku Inspektur Upacara AKP Abdul Mutolib (Kasat Binmas) Polres Kutai Barat, selaku Perwira Upacara IPDA Sudarto, sedangkan pembaca Lapsing Direktur PT. KOG Aipda Rusdianto dengan Master of Ceremony (MC) oleh BRIPTU Rukma.

Dirbinmas Polda Kaltim Kombes Pol Anggie Yulianto Putro SH., SIK , MH., CPHR. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasat Binmas Polres Kutai Barat AKP Abdul Muthalib saat membuka Pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) Satuan Pengamanan (Satpam) Tingkat Garda Pratama Angkatan ke - IV Tahun 2023. Kombes Pol Anggie menyebutkan ada tiga poin yang mesti diperhatikan peserta.

1. Agar para peserta mengikuti pelatihan ini dengan serius, kreatif dan disiplin serta dapat memanfaatkan waktu yang singkat ini, serap dan kuasai ilmu maupun pelajaran yang diberikan oleh Instruktur.

2. Dalam proses pengajaran dan pelatihan di kelas maupun di lapangan, diharapkan siswa mampu mengembangkan rasa keingintahuan dengan aktif bertanya.

3. Tidak terpaksa mengikuti pelatihan ini namun jadikan pelatihan ini sebagai suatu kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan, “ ujar Anggie.

Sebanyak 29 orang siswa calon Satpam yang mengikuti pelatihan Diksar ini berasal dari perusahaan, Instansi/Perusahaan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) maupun perorangan yang berada di wilayah Kaltim. Anggie berharap selama dalam pelatihan para peserta akan mendapatkan pelajaran baik teori maupun praktek di kelas dan dilapangan.

“Peraturan Baris Berbaris (PBB), Interpersonal, Skill (IPS), tugas pokok fungsi dan peranan Satpam, kemampuan Kepolisian terbatas, bela diri dan lain sebagainya.
Pelajaran yang diperoleh dalam pelatihan ini nanti merupakan modal dasar untuk melaksanakan tugas pokok Satpam yaitu menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya, “ ujar Kombes Pol Anggie.
Ia juga menjelaskan terkait fungsi Satpam guna melindungi dan mengayomi lingkungan kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku dilingkungan kerjanya,

“Sehingga mampu menjalin keberlangsungan usaha yang aman, efisien dan produktif. Kemampuan tersebut diperlukan karena berbekal pengetahuan maupun keterampilan yang diperoleh nantinya sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

"Saya mengharapkan kepada seluruh peserta pelatihan agar nantinya mengikuti pelatihan dengan baik dan kreatif, artinya para peserta harus menumbuhkan rasa keingintahuan, “ harapnya.

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesi Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan Swakarsa. Bahwa tugas dan tanggung jawab Satuan Pengamanan sangat berat, karena apabila keamanan dan pemutusan hubungan kerja (PHK). Ketertiban di lingkungan perusahaan terganggu maka segala kegiatan operasional dalam instansi / perusahaan yang bersangkutan akan terhambat dan akan mengakibatkan kerugian yang berdampak pada perekonomian dan menambah angka pengangguran, untuk itu agar mencapai hasil yang maksimal dalam pelatihan ini ia berharap.

“Para peserta mengikuti pelatihan dengan serius, berupaya meningkatkan disiplin dalam memanfaatkan waktu yang di tentukan. Dalam proses pengajaran dan pelatihan di kelas mau pun di lapangan, siswa mampu mengembangkan rasa keingintahuan dengan aktif bertanya.
Tidak merasa terpaksa mengikuti pelatihan ini namun jadikan pelatihan ini sebagai suatu kebutuhan untuk keterampilan dan menigkatkan kemampuan, ‘ ujar Kombes Pol Anggie Yulianto Putro.

Ia juga meminta kepada panitia penyelenggara. Dengan di mulainya pelatihan ini kepada Instruktur dan pembina agar melaksanakan tugasnya dengan baik dalam membina.
“Saya harapkan dalam membina, membimbing dan mengarahkan para peserta pelatihan, sehingga semua kegiatan yang di programkan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana pelatihan dan mencapai hasil yang di harapakan, " pintanya.

"Dan kepada Direktur PT. Kubar Outsource Global selaku penyedia jasa pengamanan, kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya karena telah berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan,
anggotanya dengan mengikutsertakan dalam pelatihan Gada Pratama ini serta telah memberikan kepercayaan kepada Polda Kaltim untuk melakukan pelatihan kepada para peserta diksar, “ sambungnya.  

Dirbinmas Polda Kaltim Kombes Pol Anggie Yulianto Putro berpesan kepada peserta agar serius dan bersungguh-sunguh.
“Saya ucapkan selamat untuk mengikuti pelatihan Gada Pratama ini, ikuti dengan serius dan sungguh-sungguh proses pelatihan agar dapat menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diberikan guna tuntutan tugas yang diberikan kepada saudara nantinya.

"Akhirnya. Dengan memanjatkan Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka pada hari ini Jumat tanggal 20 Januari 2023 pelatihan dasar Satpam angkatan ke IV Tahun 2023 saya nyatakan dengan resmi dibuka, “ pungkas Dirbinmas Polda Kaltim Kombes Pol Anggie Yulianto Putro SH., SIK , MH., CPHR.

Reporter : Johansyah.
Editor      : Wafa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"