Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 27 Maret 2023

Wujudkan Situasi Kondusif Selama Bulan Suci Ramadhan, Sat Binmas Polres Lamongan Berikan Himbauan Kamtibmas

Lamongan, SNN.com - Sat Binmas Polres Lamongan beserta Jajarannya Polsek melalui Bhabhinkamtibmasnya memberikan himbauan kamtibmas langsung ke Masyarakat untuk mewujudkan situasi yang kondusif selama di bulan Ramadhan 1444 H.

Kegiatan Bhabhinkamtibmas Polres Lamongan  bertujuan memberikan rasa nyaman dan  himbauan himbauan Kamtibmas untuk mewujudkan situasi aman yang konduksif dalam menjalankan ibadah Puasa Ramadhan 1444 H yang bertempat di Masjid Masjid dan tempat umum lainnya.

Pelaksanaan tersebut, setiap hari dilaksanakan guna menciptakan suasana kondusifitas di wilayah kabupaten Lamongan dan mengantisipasi tindak kriminal serta menjalin toleransi dalam beragama, mencegah anak anak muda agar tidak terlibat dalam kegiatan Negatif.

Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha melalui Kasat Binmas Polres Lamongan AKP Turkhan Badri mengatakan demi menjaga keamanan di wilayah kabupaten lamongan, Polres Lamongan berupaya dan berusaha semaksimal mungkin mengantisipasi tindakkan yang mengarah ke kriminal di mulai dari C3 ( Curat, Curan,dan Curanmor ) bahkan terlibatnya aksi tawuran anak anak muda, balap liar saat menjelang berbuka puasa ( ngabuburit) dan saat terawih. Ucap Kasat Binmas AKP Turkhan Badri saat di konfirmasi, Senin ( 27 /03/23).

Kemudian, guna menjaga Ukhuwah Islamiyah antara warga sehingga terjalin toleransi dalam beragama dan mengawasi anak anaknya dalam pergaulan agar tidak terlibat kegiatan yang merugikan seperti tawuràn, balap liar, menyalakan petasan, minuman keras dan lain sebagainya.

” Hal yang sangat rawan terjadi kriminal adalah saat Masyarakat melaksanakan ibadah Sholat Tarawih. Sebelum berangkat hendaknya  memastikan rumah dalam keadaan aman saat di tinggal baik saat sholat Tarawih maupun kegiatan yang lain cek kembali pintu rumah, aliran listrik, kompor gas dan lain sebagainya, setelah itu jangan sampai lengah dalam urusan kendaraan harus memparkir kendaraan di tempat aman dan dipasang kunci ganda.” salah Himbauan yang disampaikan "Bripka Nanang Sumantri, SH Bhabinkamtibmas Sidomukti" saat selesai Sholat Tarawih di Masjid Binaanya.

Tidak hanya itu,  Saat ini merupakan bulan suci Ramadhan saat melaksanakan ibadah tarawih tetap selalu open yang ada di dalam rumah selalu cek ulang kompor serta listrik untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan  menjelang berbuka puasa (Ngabuburit).

” Saya berharap kepada orang tua untuk mengendalikan Anak – anaknya jangan ada yang mengikuti Konvoi di jalan karena banyak masyarakat terganggu tolong lebih diarahkan kegiatan yang lebih bermanfaat.” Pungkasnya. 

Tak lepas dari itu Bripka Nanang Sumantr, SH  juga berharap agar keberadaan Da’i Kamtibmas dapat mencegah dan mendeteksi munculnya bibit – bibit radikalisme di masyarakat, sehingga paham radikalisme tidak berkembang dengan leluasa. 

Da’i Kamtibmas berperan sebagai ujung tombak dalam melaksanakan fungsi preventif atau pencegahan terhadap berbagai ancaman yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, baik ancaman tindak pidana, terorisme maupun ancaman dari kelompok-kelompok radikal.

“Saya berharap, dengan kegiatan seperti ini, kita semua dapat menjalin sinergitas yang kokoh guna mewujudkan cita-cita kehidupan berbangsa dan bernegara serta mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera”,pungkasnya. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"