Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 27 Maret 2023

Dandim 0912/Kbr Berikan Penghargaan Kepada Unit Intel, Letkol Yudhi: Bentuk Apresiasi Bagi Prajurit Berprestasi. Pangdam VI Mlw - Danrem ASN Apresiasi 4 Anggota Kodim

Dandim 0912/Kbr Letkol Kav Yudhi Prasetyo bersama Dan Unit Intel Kodim 0912/Kbr Letda Arm Oktario Sirait pada acara pemberian penghargaan.
Kutai Barat, SNN.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI), dibawah Komando Distrik Militer (Kodim) 0912 Kutai Barat (Kubar). Unit Intelijen kembali mendapat penghargaan.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0912/Kbr Letkol Kavaleri Yudhi Prasetyo menggelar upacara penyerahan piagam penghargaan kepada 4 anggota Unit Intel Kodim yang digelar di Makodim jln. Gajah Mada kelurahan Barong Tongkok Kecamatan Barong Tongkok Senin (27/3/2023) jam 08.00 pagi.

Piagam penghargaan yang di berikan Letkol Kav Yudhi Prasetyo kepada Unit Intelijen atas keberhasilannya menangkap seorang laki-laki berinisial AB (28) warga RT 19 Teluk Lerong Ilir Samarinda yang diduga kuat pelaku pengedar Narkoba.

Penangkapan AB terjadi di pangkalan travel mobil simpang Ombau Asa kecamatan Barong Tongkok pada hari Minggu 26 Maret 2023.

Atas prestasi dan kinerja Unit Intelijen tersebut, hingga ke 4 anggota ini mendapat perhatian serius dari pimpinan. 

Inilah sederetan daftar anggota Kodim 0912/kbr (Unit Intel) yang menerima piagam penghargaan, diantaranya, diberikan kepada 1. Letda Arm Oktario Sirait (Dan Unit Intel Kodim 0912/Kbr). 2. Serka Demar Simangunsong, 3. Serka Ronald Sihombing, dan 4. Serka Rio Hernanda.

Letkol Kav Yudhi Prasetyo menyebutkan, penghargaan diberikan kepada anggotanya bentuk apresiasi sekaligus kebanggaan TNI pada umumnya dan Kodim 0912 Kutai Barat pada khususnya.

"Membantu pihak kepolisian dalam memberantas Narkoba diwilayah Kubar. Kegiatan tersebut diselenggarakan bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada prajurit yang berprestasi dalam bentuk membangun kepercayaan publik terhadap institusi TNI khususnya Kodim 0912/Kbr," tegas Dandim Yudhi kepada media ini Senin (27/3/2023).

Lebih lanjut. Ujar Yudhi, terkait penangkapan terhadap oknum masyarakat yang melakukan penyalahgunaan Narkoba, pihaknya tetap mengedepankan langkah-langkah yang diambil adalah berkoordinasi dengan instansi agar kegiatan dapat berjalan dengan aman, baik dan lancar.
Pelaku diduga pengedar Narkotika jenis Sabu-sabu berinisial AB tersebut, awalnya Unit Intel Kodim 0912/Kbr mendapat informasi dari warga masyarakat bahwa akan ada rencana transaksi Narkoba.

Dengan gerak cepat Unit Intelijen Kodim 0912/Kbr dibawah komando Dan Unit Letda Armed Oktario Sirait langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) bersama tiga anggotanya yakni Serka Demar Simangunsong, Serka Ronald Sihombing dan Serka Rio Hernanda tiba di lokasi langsung melakukan penangkapan.

Meski terbilang baru seminggu bertugas di Kodim 0912 Kutai Barat. Letda Armed Oktario Sirait, SH yang sebelumnya dengan jabatan lama, Pamu Raipur C Yonarmed 18 / Komposit Buritkang Kodam VI Mlw, kini di Kodim 0912/Kbr dengan jabatan barunya Dan Unit Intel Kodim 0912/Kbr telah menunjukkan prestasi gemilang terkait penangkapan terduga pelaku Narkoba.

Usai penangkapan pelaku AB, aparat TNI langsung menggiring ke Makodim 0912/Kbr untuk dilakukan interogasi.

Dari tangan pelaku, Unit Intel Kodim langsung penggeledah ransel milik AB dan ditemukan sebanyak 9 poket Sabu dalam plastik kecil diduga berisi narkotika jenis Sabu-sabu yang dikemas rapi dalam lipatan celana, termasuk bong/alat tempat isap Sabu dan beberapa potong pakaian yang kemudian langsung diamankan. Selain 9 poket Sabu-sabu juga satu unit mobil Xenia warna Silver Nopol KT 1603 KB dan STNK turut diamankan sebagai barang bukti (BB).

Kepada terduga pelaku AB, kemudian digiring ke Polres Kubar dengan pengawalan ketat Unit Intelijen Kodim di damping Provos Koptu Iswanto untuk diserahkan ke Resnarkoba Polres Kubar yang nantinya akan diproses sesuai UU yang berlaku.

Dandim 0912/Kbr Letkol Kav Yudhi Prasetyo dalam upacara pemberian penghargaan kepada 4 orang anggota Kodim dilakukan sangat spesial dihalaman Makodim 0912/Kbr dihadiri seluruh jajarannya.

“Pemberian penghargaan kepada 4 orang anggota Kodim yang berhasil menggagalkan peredaran Sabu-sabu sebanyak 3, 12 gram di Kubar, kemudian bapak Pangdam VI Mulawarman dan bapak Danrem Aji Suryanata Kusuma juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setingi-tingginya terhadap dedikasi dan kinerja yang dilakukan oleh ke 4 anggota ini.

“Kemudian besar harapan, bahwa ini menjadi sebuah wujud nyata perintah harian bapak Kasad yang ke tujuh yaitu kami harus selalu meningkatkan sinergitas dengan aparat, Pemda dan instansi terkait dalam rangka mensukseskan berbagai program yang telah dicanangkan salah satunya memerangi Narkoba. Ini salah satu program yang ingin dilakukan oleh Pemda Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu),” kata Yudi.

Dandim 0912/Kbr Letkol Kav Yudhi yang membawahi sekaligus dua kabupaten yakni Kubar dan Mahulu ini tentu sangat mensupport.
“Saya di Kodim membawahi dua kabupaten ini tentu saja harus mensupport dan ini berkolaborasi dengan Polres,” sambungnya.

Terkait dengan penangkapan terduga pelaku Narkoba inisial AB oleh Unit Intel Kodim 0912/Kbr, Yudhi menyebut akan diserahkan Polres Kubar.

“Setelah kita lakukan penangkapan kemudian pengambilan keterangan, kemarin (Minggu 26/3/2023 - Red) sudah kita serahkan kepada Polres sesuai dengan kewenangannya, setelah itu tugas kita selesai sampai disitu sehingga proses hukum berlanjut di tingkat Polres.

“Kejadian kemarin juga memberikan motivasi bagi anggota Kodim yang lain untuk selalu berbuat yang terbaik untuk pengabdian kepada Kodim dan Pemda Kubar dan Mahulu. Dan sebelumnya juga kita melakukan penangkapan di Mahulu dan ini yang kedua di tahun ini, dan ini luar biasa dua kali kita melakukan penangkapan dan tentunya tujuan yang ingin kita raih adalah generasi muda kita untuk jauh dari Narkoba dan lebih mementingkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kubar,” pungkas Dandim 0912/Kbr kepada wartawan SNN.com.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"