Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 29 Agustus 2023

Desa Pesawahan Sabet Juara Satu dalam Momen Karnaval Kecamatan Tiris Wilayah Barat Dalam Rangka HUT RI ke 78

Probolinggo, SNN.com - Nuansa kemeriahan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 menjadi pemandangan umum ketika memasuki bulan Agustus. Hal ini juga yang dilakukan oleh Pemerintah kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo yang dalam momentum memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tgl 23 kemaren itu pelaksanaannya tahun 2023 ini menggelar berbagai kegiatan.

Kenyataan ini ditunjukkan saat kecamatan Tiris mengadakan kegiatan karnaval atau pawai budaya. Dari 16 desa yang ada dikecamatan tersebut, akhirnya dalam kegiatan ini pihak panitia membagi dalam dua wilayah yakni kecamatan Tiris bagian timur dan bagian barat.

Untuk masing-masing wilayah diisi oleh 8 desa yan berpartisipasi pada kegiatan karnaval tersebut. seperti yang dilaksanakan pada even karnaval kecamatan Tiris wilayah barat yang dimeriahkan oleh perwakilan dari desa Pesawahan, Ranu Gedang, Racek, Rejing, Wedusan, Pedagangan dan Tegalwatu. Sedangkan peserta lain yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari sejumlah lembaga pendidikan terdiri dari SMA dan Madrasah Aliyah yang ada diwilayah kecamatan Tiris sisi barat, Jumat 25 Agustus 2023.

Salah satu peserta yang ikut andil dalam mensukseskan gelaran karnaval ini adalah Desa Pesawahan. Dalam kegiatan yang bersifat umum ini, desa Pesawahan menampilkan berbagai pernik mulai dari beraneka kostum baik yang bersifat kedaerahan, instansi maupun kostum modern dan dipadu dengan tampilan tarian yang menjadi daya tarik tersendiri dari kontingen tersebut.

Tak berlebihan sepanjang rute yang dilalui oleh peserta karnaval ini, antusias dan animo masyarakat dalam menyaksikan agenda ini tergolong cukup tinggi. Ribuan warga dari beberapa des tumpah ruah dipinggir jalan demi menyaksikan tampilan masing-masing desa dengan segala keunikannya. Namun justru yang paling banyak mendapat apresiasi dari warga yang menonton pawai ini, adalah tampilan dari Desa Pesawahan. 

"Tampilan desa ini, patut diperhitungkan. Mulai dari kekompakan, daya kreatifitas hingga ketertiban yang selalu terjaga menjadikan rombongan ini enak dipandang mata."ujar Rohim, salah satu warga desa kecamatan Tiris yang berkesempatan menyaksikan jalannya karnaval.

Merupakan pilihan dan penilaian yang tepat dari dewan juri ketika mereka memutuskan peserta dari Desa Pesawahan mendapatkan predikat juara 1 dalam momen tersebut. Melalui penilaian yang cukup akurat dan teliti, kami memberikan poin terbanyak pada rombongan karnaval dari desa Pesawahan.kata salah satu juri yang berhasil ditemui wartawan media ini.

Sementara Kepala Desa Pesawahan Sofyan Ketika dimintai komentar terkait keberhasilan desanya menyabet juara satu dalam ajang karnaval memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78 yang diadakan Pemerintah Kecamatan Tiris ini mengatakan bahwa ini merupakan keberhasilan bersama dari masyarakat desa yang dipimpinnya. Semangat dan kekompakan menjadi referensi atas keberhasilan peserta dari desa Pesawahan menyabet juara satu dalam even karnaval wilayah Tiris barat. 

"Berkat kreatifitas para pemuda yang didukung oleh tokoh masyarakat, sehingga terciptalah tampilan yang lain dari yang lain. Diharapkan semangat dan kreatifitas yang ada pada para pemuda dan warga desa ini akan terus terjaga dan makin ditingkatkan untuk berperan kembali dalam even seperti ini ditahun mendatang."ujar Kades Pesawahan. (Fabil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"