Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 26 Agustus 2023

Kecamatan Tegalsiwalan Menggelar Karnaval Tingkat Umum

Probolinggo, SNN.com – Menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78, Pemerintah kecamatan tegalsiwalan kabupaten probolinggo menggelar karnaval tingkat umum, 

Semangat dan rasa nasionalisme yang tinggi ditunjukkan oleh semua desa yang ada di kecamatan tegalsiwalan dan kalangan lembaga pendidikan seperti SMPN yang Ada di tegalsiwalan  yang turut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Dengan mengikuti pawai karnaval yang di gelar oleh kecamatan Tegalsiwalan serta semua desa dan lembaga  pendidikan dengan tema “TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU”.

Karnaval diikuti oleh seluruh Instansi Pemerintah desa, Lembaga Pendidikan dan Organisasi Masyarakat sebanyak 16 regu di mulai start smpn 1 Tegalsiwaln di mulai jam  12.00 sampai dengan selesai finish depan Polsek Tegalsiwalan

Kegiatan di hadiri oleh camat Tegalsiwalan HARIYANTO,S, SOS,M,MSI, Kapolsek, DANRAMIL dan H. Taufik kepala desa Paras, Sabtu (26/08/2023).

Karnaval yang diadakan setiap tahun ini mengundang perhatian ribuan warga dari luar maupun masyarakat Tegalsiwalan 

Terlihat dengan banyaknya para penonton yang bergerombol memadati tepi jalan di sepanjang jalur yang dilewati oleh para peserta karnaval.

Camat Tegalsiwalan sendiri memaparkan Tahun Toleransi Indonesia 2023 dengan tema “Moderasi Beragama”. Pawai karnaval dipimpin langsung oleh camat Tegalsiwalan yang biasa di panggil pak HARi menampilkan pakaian pakaian budaya indonessia  dan budaya tarian yang terkenal di kecamatan Tegalsiwalan yaitu budaya tarian RE RE lengkap dengan pakaian khasnya,

“Peringatan HUT Proklamasi ke-78 merupakan momentum yang sangat strategis guna mempertebal rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Saya sendiri merasa senang untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, dengan berpartisipasi mengikuti Karnaval HUT RI,” tandasnya.

Beliau menambahkan, bahwa acara peringatan HUT NKRI bukan hanya kegiatan ritualitas atau seremonial semata, akan tetapi sebagai bahan renungan dan rasa syukur atas jasa para pahlawan bangsa Indonesia. Tujuan ikut partispasi Karnaval tentu sebagai sarana hiburan sekaligus mengingat perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Bahkan pada setiap Karnaval memiliki makna tersendiri saat acara 17 Agustus.

“Kita harus bersyukur karena para Pahlawan kita berjuang dengan mengorbankan harta maupun nyawa mereka. Sehngga kita harus berjuang dengan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Dan namanya berjuang tidak hanya berkorban harta atau nyawa saja, tetapi memeriahkan HUT Kemerdekaan RI juga dimaknai berjuang,” ungkapnya.

Diharapkan semua hal yang telah diberikan para pahlawan bisa menjadi pemicu semangat dalam mengisi kemerdekaan dan meneruskan cita-cita perjuangan untuk memajukan bangsa seperti tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

“Kami terus berupaya mewujudkan cita-cita leluhur kemerdekaan bangsa Indonesia, dengan melaksanakan pembangunan di berbagai bidang. Terutama dalam bidang keagamaan dalam memacu keharmonisan antar umat beragama di Tahun Toleransi Beragama 2023, sehingga diharapkan tidak adanya konflik intern maupun ektern antar umat beragama di Indonesia yang khususnya di kecamatan tegalsiwalan sesuai tema “TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU,” pungkasnya.(Memet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"