Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 27 Agustus 2023

WARGA MAYANGAN GELAR LAUT SEBAGAI BENTUK RASA SYUKUR

Probolinggo, SNN.com - Ribuan warga memadati kawasan Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Mayangan untuk menyaksikan puncak Pagelaran Petik Laut, Tasek Mas dan Bazar UMKM, yang diinisiasi oleh Kelurahan Mayangan, Sabtu (26/8) siang.

Warga begitu antusias mengikuti tradisi turun temurun warisan leluhur tersebut. Mereka telah menyiapkan beragam sajian yang dikemas dalam tumpeng-tumpeng untuk dinaikkan ke perahu dan dimakan bersama-sama saat proses larung. Selain itu ada pula beragam hasil bumi seperti kepala sapi, sayur mayur, buah-buahan, tebu, burung merpati, ayam, hingga pakaian anak-anak.

Ada juga mainan, alat kebersihan hingga kain dan peralatan masak. Tak lupa kepala sapi yang diletakkan di bagian paling depan dari Jitek, perahu yang membawa barang-barang symbol syukur masyarakat Mayangan itu.

Sebelum dilarung, Jitek disandarkan untuk didoakan bersama-sama untuk kemudian ditarik oleh kapal besar dan diiringi 61 kapal lainnya untuk dibawa ke utara Pulau Gili. Prosesi Pelepasan Pagelaran Petik Laut di Kelurahan Mayangan siang tadi, dilakukan oleh Dandim 0820 Letkol ARM Heri Budiasto yang didampingi Asisten Pemerintahan Setda Kota Gogol Sudjarwo. Juga Plh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Trilia Yuliana, unsur Forkopimda, Camat dan Lurah se Kecamatan Mayangan, dengan iringan musik hadrah Al Maliki.

Ketua Panitia Petik Laut Kota Probolinggo Tahun 2023, Kadir, mengatakan petik laut merupakan tradisi tahunan masyarakat pesisir di Kota Probolinggo. Sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan atas hasil laut dan keberkahan yang diterima nelayan Kota Probolinggo.

“Saya berterimakasih yang sebesar-besarnya pada Pemkot Probolinggo yang sudah berkolaborasi dengan panitia petik laut, HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, red) serta para pelaku usaha, para dermawan dan masyarakat yang telah memberikan supportnya. Sehingga rangkaian kegiatan petik laut dapat terselenggara dengan baik dan lancar,” katanya.
Sementara itu, Iwan Arif Affandi, Lurah Mayangan mengatakan, isi dari Jitek tidak ditenggelamkan atau dibuang seperti halnya sesajen. Barang-barang tersebut boleh diambil oleh nelayan lain yang bukan warga Mayangan. “Jadi itu bukan sesajen. Itu adalah bentuk sedekah warga Kelurahan Mayangan, kemudian akan diambil oleh nelayan lain. Di antaranya nelayan Pulau Gili Ketapang. Kemudian untuk tumpeng ya dimakan bersama-sama sebagai ungkapan rasa syukur,” jelasnya.

Karena itu Iwan menolak jika dikatakan ada unsur sia-sia dari kegiatan ini. “Dulu memang tradisinya Jitek berisi hasil bumi itu ditabrak kemudian ditenggelamkan. Sekarang tidak. Jadi barang-barang di dalamnya malah disedekahkan,” tambahnya.

Untuk itu, sambung Iwan, banyak kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya. Di antaranya, khotmil qur’an yang dilaksanakan di 9 titik, pembacaan sholawat bertajuk Majengan Bersholawat bersama DMCR, Majengan Carnival dilanjut dengan pelaksanaan petik laut hari ini.

Camat Mayangan Agus Dwi Wantoro menyampaikan penyelenggaraan petik laut sendiri, lanjutnya, dilakukan setiap dua tahun sekali di bulan Safar. Khusus tahun 2023 ini, pelaksanaannya bertepatan dengan bulan kelahiran RI, yang mana ini adalah kali pertamanya setelah masa pandemi Covid-19 berakhir.

“Kegiatan petik laut sempat terhenti karena pandemi, selama empat tahun. Ini adalah kesenian lokal tradisional yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Karena merupakan salah satu kekayaan budaya yang ada di Kota Probolinggo,” ujarnya.

Agus menambahkan, dengan pelaksanaan giat yang hanya 2 tahun sekali, diharapkan geliatnya mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Kelurahan Mayangan, dengan pelibatan publikasi pada berbagai media, sehingga dapat menarik wisatawan domestik maupun wisatawan asing untuk singgah ke kota dengan ikon Bayu, Anggur dan Mangga tersebut.

“Untuk menikmati kesenian kekhasannya, juga keanekaragaman hasil lautnya. Semoga kegiatan ini sukses dan lancar, kerukunan, kekompakan dan keguyupan tetap terjaga. Terimakasih,” tegasnya.

Berdampak Positif bagi Banyak Pihak

Tak hanya sekedar untuk melestarikan kesenian lokal tradisional dan budaya, rangkaian kegiatan Petik Laut Mayangan juga berdampak pada perputaran ekonomi masyarakat lokal. Selain UMKM, pedagang retail di lokasi PPI Mayangan juga terdampak positif dengan adanya gelaran ini.

“Kami memiliki Bazar UMKM juga di sini.  Harapannya, berdampak bagus untuk perekonomian. Ini juga sesuai dengan tujuan dari Bapak Wali Kota Probolinggo,” ujar Camat Mayangan Agus Dwi Wantoro.

Saat disinggung perihal kehadiran orang nomor satu di Kota Probolinggo itu, Agus Dwi menyampaikan permohonan maaf dari Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang berhalangan hadir menyapa siang itu, dikarenakan adanya kegiatan yang tak bisa diwakilkan.

“Sedianya beliau akan hadir, namun mendekati waktu (keberangkatannya ke PPI) mendadak ada giat yang tidak bisa ditinggalkan. Jadi tanpa mengurangi rasa hormat, beliau titip salam dan permohonan maafnya,” serunya.

Berbicara mengenai nelayan, ungkap Agus, Wali Kota Habib Hadi berupaya meningkatkan kesejahteraan di bidang kesehatan. Di mana, ada 2.100 nelayan kecil di Kota Probolinggo yang telah terlindungi dengan dua program jaminan sosial. Berupa program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). “Kalau ngomongin orang Mayangan, kita (menge)tahu(i), beliau mengapresiasi secara khusus. Sebagai contoh, ribuan nelayan saat ini sudah mendapat BPJS Ketenagakerjaan,” tandasnya.

Pada momen petik laut juga diberikan penghargaan pada pemenang Lomba Lampu Hias Lingkungan Tingkat Kecamatan Tahun 2023. Di mana giat ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Serta membawa lingkungan kea rah yang lebih baik lagi. Para pemenang itu di antaranya, juara Harapan 2 diberikan pada Kelurahan Mayangan, juara Harapan 1 Kelurahan Sukabumi, Juara 3 Kelurahan Mangunharjo, Juara 2 Kelurahan Wiroborang dan Juara 1 pada Kelurahan Jati. (NTR-YOGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"