Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 27 Agustus 2023

RATUSAN ANAK PAUD KECAMATAN KANIGARAN IKUTI LOMBA, RAYAKAN HUT KE-78

Probolinggo, SNN.com - Kemeriahan peringatan kemerdekaan RI masih terasa di Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Kali ini yang meramaikan, seluruh siswa-siswi PAUD se-kecamatan setempat yang menampilkan berbagai macam kreasi seni lewat gelaran “Festival Kemerdekaan ke-78 RI”.

Kurang lebih ada 26 lembaga pendidikan yang ikut berpartisipasi, dalam acara yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Kanigaran, Sabtu (25/8) pagi itu. Sedangkan beragam kreasi yang ditampilkan antara lain seni tari, fashion show, senam kreasi, gerak lagu, drama proklamasi, dan seni pencak silat.

Dalam festival itu, anak-anak dari Kelompok Bermain (KB), TK dan RA menampilkan kreatifitas terbaiknya dengan memakai kostum khas Nusantara dan pernak-pernik merah putih yang menarik. Sontak saja, aksi mereka mengundang ratusan penonton maju ke depan untuk mengambil gambar. Tak hanya disaksikan wali murid dan pendamping, tapi juga oleh warga sekitar yang terus memadati area festival.

Sebelum panggung dibuka, telah dilaksanakan senam Bersama Bergerak Menuju Sehat yang diikuti oleh seluruh peserta. Usai senam, peserta diajak mengikuti permainan lomba kreatif beregu. Seperti memindahkan karet pakai sedotan, lari zigzag, dan memindahkan bola pake sendok sayur. Alhasil, suasana di halaman Kecamatan Kanigaran pagi itu ramai dan penuh dengan keceriaan anak-anak.

Ketua panitia, Kasyani mengatakan acara ini merupakan hasil kerjasama tiga komponen pendidikan anak usia dini. Yaitu Himpaudi, IGTKI dan IGRA. "Kami sebagai pendidik bisa menggali potensi dan kreativitas anak, sehingga dengan kegiatan seperti ini anak-anak itu diharapkan lebih mandiri, lebih percaya diri bersama dengan teman-teman dari lembaga lain", terangnya.

Ia mengatakan pada tahun ini konsepnya adalah panggung ekspresi, supaya anak-anak bisa tampil di pentas sekaligus mengikuti fun game.  "Ada tiga kegiatan, pra acara senam kelompok bermain se-Kecamatan Kanigaran. Setelah itu lanjut ke pentas ekspresi," lanjutnya.
Sementara, Bunda PAUD Kecamatan Kanigaran, Lucia Aries Yulianti mengaku bahagia dengan performance anak-anak yang menghibur.

"Hari ini adalah hari yang menggembirakan, selain untuk mengisi dan merayakan kemerdekaan, juga untuk menyalurkan bakat serta mengembangkan kemampuan anak-anak. Bukan hanya sekedar sebagai unjuk gelar, memakai baju yang bagus, tapi sekaligus kita mengenalkan kepada anak-anak bagaimana tampil percaya diri di hadapan orang banyak. Sehingga pengalaman ini bisa mereka bawa sampai mereka dewasa nanti", ujarnya.

Turut menghadiri festival tersebut, Camat Kanigaran, perwakilan dari Himpaudi, IGTKI dan IGRA Kota Probolinggo. Para undangan tampak senang dan tersenyum menikmati aksi pertunjukan anak-anak yang lucu dan menggemaskan. Usai pertunjukan, anak-anak berkesempatan foto bersama dengan penuh keceriaan dan kegembiraan. (NTR-YOGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"