Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 29 Agustus 2023

Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Gelar Aksi Karya Nyata Rehab RTLH

Probolinggo, SNN.com - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo kembali menggelar kegiatan aksi karya nyata rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Senin (28/8/2023).

Kegiatan rehab tersebut dilaksanakan di rumah Bu Hati di Dusun Kramat Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih. Hal ini sekaligus mengawali rangkaian kegiatan rehab 3 (tiga) sasaran rumah di Kabupaten Probolinggo.

Rehab serupa selanjutnya akan dilaksanakan di rumah warga masyarakat yang masuk kategori miskin di Desa Jatiadi Kecamatan Gending dan Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton.

Rumah Bu Hati yang direhab berukuran 5 meter x 4,5 meter, terdiri dari ruang keluarga, kamar dan dapur. Rumah tersebut berdiri di atas tanah seluas 7,20 meter x 4,5 meter. Proses pengerjaan rehab mulai awal hingga selesai diperkirakan memakan waktu selama 15 hari. Dalam pengerjaannya, 10 anggota Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Sumberasih secara bergantian membantu tenaga ahli (tukang bangunan).

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. H.A. Timbul Prihanjoko berkesempatan meninjau pelaksanaan kegiatan tersebut dan menyerahkan secara simbolis peralatan bangunan kepada anggota Kwarran Sumberasih. Dilanjutkan dengan prosesi penurunan genting rumah milik Bu Hati yang diikuti oleh jajaran Forkopimka Sumberasih.

Kak Timbul menjelaskan, aksi karya nyata Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo ini adalah kegiatan mulia dan bermanfaat untuk membantu masyarakat miskin. “Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian adik-adik pramuka yang dengan kreatif dan inovatif mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan Kak Timbul, dengan kegiatan ini dapat mendidik dan mengarahkan generasi muda yang disiplin, terampil, berperilaku baik, bermanfaat dan ikut membantu menyejahterakan masyarakat.

Kak Timbul mengaku bangga dan berterima kasih atas banyaknya prestasi yang diraih Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. “Terima kasih dan apresiasi kepada kakak-kakak pembina yang telah membimbing adik-adik pramuka menjadi generasi yang berpotensi bagi masyarakat serta berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Probolinggo,” Pungkasnya. (NTR-YOGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"