Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 29 Agustus 2023

LOMBA MURAL, PULUHAN REMAJA LUKIS DINDING DI LANDASAN WISATA KUM-KUM

Probolinggo, SNN.com - Ingin menghidupkan kembali Karang Taruna se-Kota Probolinggo menjadi penyemangat Tim Penggerak PKK untuk mengadakan lomba lukis mural. Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin melalui Ketua Tim Pokja 1, Jetti Ernawati Teguh Bagus mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu cara yang diusung PKK untuk memberi wadah kepada anak muda. “Kami memiliki program Remaja Aminah. Yaitu remaja amanah, inovatif dan handal. Untuk mewujudkan hal tersebut kami menggandeng banyak pihak dan mengadakan lomba melukis mural ini,” jelasnya dalam sambutan pada pembukaan acara.

Dalam kegiatan yang berlangsung di landasan Wisata Kum-kum Mayangan itu, TP PKK bekerjasama dengan komunitas Surya Cinta Bahari (SCB) yang selama ini mengelola dan mempercantik salah satu landasan pantai untuk terapi kum-kum. Di lahan yang biasanya digunakan untuk parkir, terdapat dinding panjang yang pada Sabu (27/8) pagi itu digunakan sebagai kanvas oleh peserta.

“Pesertanya berasal dari seluruh Karang Taruna se-kelurahan di Kota Probolinggo, 27 tim dan dua peserta kehormatan dari warga binaan Lapas IIB Kota Probolinggo. Kami menggandeng sponsorship dan hasil kolaborasi tersebut digunakan untuk memberikan subsidi peserta untuk melukis sebesar Rp 100.000 tiap peserta,” ujar istri dari Sekretaris DPRD Kota Probolinggo itu.

Setiap kelompok karang taruna yang menjadi peserta terdiri dari dua pemuda dan satu pembimbing yang akan melukis di area tembok selebar 2 x 2,2 meter. Dari pantauan tim Portal Probolinggo Kota, mayoritas peserta mengusung tema bahari.

Sementara itu, hadir mewakili Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, Camat Mayangan Agus Dwi Wantoro yang membacakan pesan bagi seluruh peserta. “Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pembinaan remaja di Kota Probolinggo. Agar mereka memiliki ruang untuk mengekspresikan diri,” ujar Agus.

Wali Kota Probolinggo, menurut Agus mendukung penuh agar para remaja memiliki kegiatan yang positif untuk menyalurkan energinya. Termasuk di bidang seni. “Sehingga melalui kegiatan ini bisa menyalurkan hobby-nya melukis mural. Sebuah bentuk ekspresi seni,” ucapnya.
Dengan kegiatan ini, Agus pun meminta organisasi Karang Taruna juga bisa menjadi rumah bagi para remaja agar mereka dapat memiliki kegiatan yang aktif dan sekaligus positif. Kegiatan ini, sambung Agus, terlaksana berkat kolaborasi apik antara Komunitas SCB dengan TP PKK yang selama ini konsisten membina remaja. Ia pun mengucapkan titipan salam dari Bapak Wali Kota. “Apresiasi setinggi-tingginya bagi komunitas SCB yang telah bekerjasama dengan tim penggerak PKK se-Kota Probolinggo,” ucapnya.

Komunitas SCB selama ini proaktif memberi contoh positif karena berperan menjaga lingkungan di wilayah wisata kum-kum. “Kami berterimakasih kepada Pemerintah Kota Probolinggo sudah menggandeng kami melaksanakan kegiatan ini,” ujar Edi Prasetyo, Bendahara Komunitas SCB.

Hadir dalam acara yang sama, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Probolinggo, Retno Fadjar Winarti, Kepala Dispopar Rachmadeta Antariksa, Kepala DPMPTSP Moh Abbas, Kepala BPBD Sugito Prasetyo dan Ketua SCB, Sutanto. (NTR-YOGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"