Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 30 Juli 2021

Gugus Tugas Covid -19 Kecamatan Widang Tuban Menggelar Rapat Koordinasi, Terkait Implementasi 3-T


Tuban, SNN.com - Jumat ( 30/7/2021 ) Pukul 13.00 WIB bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Widang, Tuban telah dilaksankan kegiatan rapat koordinasi satgas penanganan Covid -19 terkait Implementasi 3-T.

Hadir dalam kegiatan tersebut Suwarsono, S.STP., Plt. Camat Widang, AKP Totok Wijanarko, S.Pd., Kapolsek Widang, Kapten Inf. Istoha, Danramil Widang, Bedjo, S.Kep., Ns., Kapuskesmas Widang, dr.Yusnita, Kapuskesmas Compreng, Kepala KUA Kecamatan Widang dan Kades se - Kecamatan Widang, Tuban.

Setelah di awali dengan pembukaan, selanjutnya Camat Widang memberikan sambutan, yang diantaranya menyampaikan bahwa : Pelaksanaan 3-T dari tingkat Desa harus dilaksanakan dan ditindak lanjuti dengan serius. 

" Sesuai petunjuk SATGAS Kabupaten bahwa pelaksanaan Isolasi bagi pasien swab positif yang bergejala ringan agar di tempatkan di tempat isolasi terpusat bukan isolasi mandiri seperti selama ini," tutur Camat.

Di lanjutkan mengenai pelaksanaan hajatan pernikahan maupun khitanan yang ada resepsinya belum di perbolehkan, yang terpenting adalah tidak ada hiburan maupun sound system, kalau bisa tidak ada terop," sambung Camat.

Lalu Camat menekan, dalam penanganan jenazah Covid -19, agar di aktifkan kembali relawan pulasaran yang sudah ada di Desa masing - masing," tutupnya.

Kegiatan berlanjut dengan sambutan Kepala Puskesmas Widang, yang menyampaikan bahwa : Perlakuan pemandian jenazah yang meninggal di rumah harus dilaksanakan dengan prosedur yang benar.

" Pemilihan kader yang sudah ditunjuk di harapkan bisa membantu pelaksanaan tugas gugus tugas Covid -19," bebernya. 

Lebih lanjut Kepala Puskesmas Widang, Kepala Puskesmas Compreng juga menyampaikan bahwa : Warga yang menyadari telah bergejala Covid -19 ada beberapa bahkan sebagian besar menolak untuk dilaksanakan testing dan di rujuk ke Rumah Sakit. 

" Di harapkan terhadap pasien yang swab positif kita lakukan tracing sebanyak - banyaknya yang di kemudian hari akan mudah dalam hal perawatan untuk pemberian obat maupun pengawasan, tambah Kepala Puskesmas Compreng menutup sambutannya. 

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Widang menyampaikan beberapa hal, diantaranya bahwa : Pelaksanaan Sholat jenazah Covid -19 di harapkan untuk tidak di Sholatkan di depan rumah guna mengurangi resiko, tentunya ada kerawanan baik potensi gangguan Kamtibmas maupun kerawanan lainnya. 

" Sedang untuk kader Posyandu besok Selasa di minta untuk hadir di Kecamatan sebagai relawan membantu gugus tugas Covid -19,' tutur Kapolsek.

Menyinggung soal bantuan sosial, agar penyaluran di sampaikan kepada warga dengan tepat sasaran, hindari adanya penumpukan pada warga tertentu, tetapi ada warga lainnya yang memang membutuhkan namun tidak tersentuh," terang Kapolsek.

Di akhir sambutannya, Kapolsek menekan kembali bahwa untuk hajatan pernikahan maupun khitanan agar seluruh Kepala Desa menyampaikan kepada warganya untuk tidak mengadakan resepsi. Kegiatan boleh dilaksanakan, namun untuk resepsinya yang tidak di perbolehkan,' pinta Kapolsek.

Selesai sambutan dari Kapolsek, Danramil Widang kemudian menyampaikan bahwa : Dalam pelaksanaan tugas penanganan Pasien Covid -19 yaitu dengan 3-T harus dilakukan dengan serius, karena saat ini ketersediaan Vaksin di Indonesia sangat terbatas. Pelaksanaan 3-T di harapkan bisa menjadi langkah tepat untuk mendeteksi dan menangani pasien Covid -19," timpalnya. 

Di penghujung sambutan, Kepala KUA Widang menyampaikan bahwa : Pelaksanaan pernikahan saat ini wajib dilaksanakan swab antigen terlebih dahulu. Swab antigen tetap wajib dilaksanakan meskipun PPKM tidak di perpanjang lagi," kata Kepala KUA yang mengakhiri sambutannya, kemudian dilanjutkan dengan penutupan kegiatan rapat koordinasi.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"