Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Rabu, 28 Juli 2021

Lanal Aru Gelar Acara Pembukaan Karya Bakti dan Bakti Sosial


Kepulauan Aru, SNN.com - Pangkalan TNI AL (Lanal) Aru menyelenggarakan acara pembukaan Karya Bakti dan Bakti Sosial Potmar TNI Angkatan Laut TA. 2021.

Acara tersebut difokuskan pada desa binaan Lanal Aru di Desa Durjela, Kecamatan Pulau - pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Rabu (28/7/2021).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H, M.Tr (Hanla), M.M. dilanjutkan dengan penyerahan alat kerja secara simbolis kepada Babinpotmar Lanal Aru dan Perangkat Desa, kemudian peninjauan fasilitas pendidikan SD Kristen 1 Durjela.

Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H, M.Tr (Hanla), M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan karya bakti dan Bakti Sosial TNI AL yang diselenggarakan Pangkalan TNI AL Aru merupakan progam yang dicanangkan oleh KASAL Laksamana TNI Yudho Margono,S.E., M.M sebagai wujud kepedulian serta ikut membantu mendukung progam Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan Masyarakat serta membantu kesejahteraan masyarakat khususnya di masa pandemik Covid 19.

"Hal ini tertera dalam  UU RI Nomer 34 Tahun 2004 tentang tugas pokok TNI yakni menegakkan kedaulatan Negara, Mempertahankan Keutuhan Wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan negara RI," ucap Danlanal.


Selain itu kata Danlanal, tugas TNI AL salah satunya adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut, yaitu upaya menyiapkan pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini untuk mewujudkan  sistem pertahanan semesta dalam rangka membantu pemerintah menyiapkan Potensi Nasional menjadi kekuatan wilayah pertahanan laut beserta keluatan pendukungnya  melalui operasi Militers Selain Perang (OMSP).

"Intinya, tugas OMSP TNI AL meliliki 14 tugas dimana salah satunya adalah membantu tugas perintah daerah. Upaya nyata yang dilaksanakan adalah adanya kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial sekaligus pencangan Kampung Bahari Nusantara, sesuai dengan intruksi pimpinan TNI AL sebagai komitmen kepala staff Angakatan Laut dalam membantu pemerintah daerah serta mendukung progam nasional," ujar Danlanal.

Ditambahkan pula bahwa, kegiatan karya bakti dan bakti sosial  pangakalan TNI AL Aru ( KBBS Lanal Aru ) TA 2021 ini dilaksanakan di Desa Durjela Kecamatan Pulau - pulau Aru Kabupatwn Kepulauan Aru yang saat ini dibuka pada tanggal 28 juli 2021.

"Lokasi ini dipilih karena Desa Durjela merupakan salah satu lokasi dalam wilayah kerja Lanal Aru," tambah Danlanal.

Ditambahkan pula bahwa, kegiatan karya bakti dan bakti sosial Lanal Aru TA 2021 meliputi kegiatan Fisik dan Non Fisik. 

"Progam kegiatan ini dilakukan semata mata untuk membantu pemerintah daerah dalam mencerdaskan kehidupan dan membantu kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya di masa Pandemi Covid 19  di wolayah Kepulauan Aru ini," tambahnya lagi.


Akhir sambutannya, Dalanal berharap, maluli kegiatan karya bakti dan bakti sosial  Lanal Aru TA 2021 di Kabupaten Kepulauan Aru dapat membantu meringankan tugas pemerintah daerah serta memberikan manfaat yang sebesar besarnya untuk masyarakat Aru umumnya dan Desa Durjela Khususnya.

Nah, perlu saya tegaskan juga, di masa Pandemi Covid 19 mari kita perangi covid 19 ini dengan mendukung anjuran pemerintah patuhi protokol kesehatan Covid 19 dengan 6M ( Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Mengurangi Mobilitas dan Menghindari Krumunan serta melaksanakan Vaksinasi guna menekan angka penyebaran Covid 19 diwilayah Kepulauan Aru yang kita cintai bersama," tutup Danlanal.

Sementara Kapten (Mar) M. Edi Santoso selaku pelaksana kegiatan dalam laporannya intinya melaporkan bahwa, target yang diharapkan pada Karya Bakti dan Bakti Sosial Lanal Aru adalah: Terlaksananya  giat  yankes berupa  pemgobatan umum di Desa binaan Lanal Aru di Dusun Belakang Wamar, Desa Durjela Kecamatan Pulau - Pulau Aru sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat setempat setempat. 


Selain itu melalui kegiatan tersebut ditargetkan akan  terselenggaranya renovasi tempat ibadah (Gereja dan Masjid) dan sarana olahraga di lingkup Dusun Belakang Wamar Desa Durjela Kecamatan Pulau - Pulau Aru sehingga akan dapat meningkatkan kualitas keimanan SDM serta kesehatan dan ketahanan  fisik masyarakat.

"Jadi, ada sejumlah program yang menjadi target dalam kegiatan karya bakti dan bakti sosial Pangkalan TNI AL Aru, salah satunya, pemberian bahan kontak berupa sembakau sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu atau Parasejahtera yang terdampak pandemi Covid - 19," ungkap Kapten (Mar) M. Edi Santoso.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"