Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 10 Mei 2022

Bupati Lamongan : Wujudkan Kepemimpinan yang Memiliki Core Values


Lamongan, SNN.com - Core values "BERAKHLAK" selalu dibenamkan dalam jiwa dan kepribadian ASN dalam menjalankan tugas serta kewajibannya. BERAKHLAK (berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif) menjadi fondasi yang harus diimplementasikan oleh pimpinan, begitu yang disampaikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam sambutannya saat acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan pada, Selasa (10/5) di Pendopo Lokantantra.

"Kepemimpinan kedepan, anda yang sudah dilantik dalam pimpinan dalam level organisasi masing-masing harus lebih BERAKHLAK, seperti yang dituturkan Bapak Presiden (berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif). Karena dengan BERAKHLAK yang membedakan ASN dan non ASN dalam menjalankan organisasi," tutur Bupati Lamongan yang kerap disapa Pak Yes saat melantik dan mengambil sumpah.

Promosi, mutasi, dan pergeseran posisi dalam jabatan merupakan hal wajar dan menjadi sebuah kebutuhan right man on the right place. Karena kebutuhan suatu instansi organisasi terus digulirkan dan memiliki ketentuan yang beragam. Kebutuhan-kebutuhan ini harus terus di wujudkan guna mencapai visi misi suatu organisasi. 

Tantangan dalam lingkungan dan jabatan pemerintahan yang baru, tentu melahirkan ekosistem yang baru pula. Kebaharuan tidak jauh dengan tantangan pekerjaan dan tanggung jawab.

"Tentu ke depan akan dihadapkan dengan tantangan begitu besar. Anda semua akan mengembangkan kepemimpinan dengan gaya transformatif, kepemimpinan yang dijadikan role model oleh bawahan. Lebih baik lagi bisa menjadi idola bagi para bawahan," tutur Pak Yes.


Pak Yes memberikan gambaran tentang gaya kepemimpinan transformasional bagimana menjadi pimpinan yang dijadikan role model oleh bawahan di lingkungan pekerjaan.

"Dalam gaya kepemimpinan transformatif, pimpinan adalah guru yang mampu mengajak,mendampingi, serta mengajari bawahannya. Sehingga sumber daya manusia di dalam bisa berjalan dengan baik," terang Pak Yes.

Pak Yes menaruh harapan kepada 92 ASN yang dilantik terdiri dari Eselon II sejumlah 4 orang,  Eselon III sejumlah 39 orang, serta Eselon IV sejumlah 49 orang untuk mampu mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan. 

Untuk menuju kejayaan Lamongan yang berkeadilan, Lamongan akan terus membuka seleksi yang terbuka untuk posisi Eselon II teruma, karena posisi tersebut masih terdapat rumpang. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"