Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 03 September 2022

287 Regu Ikuti Gerak Jalan Napak Tilas Mayangkara


Lamongan, SNN.com - Sejumlah 287 regu peserta gerak jalan perjuangan atau yang biasa disebut dengan gerak jalan napak tilas Mayangkara melintas di jalan Mantup Lamongan, Sabtu (3/9). Peserta kegiatan tersebut terdiri dari regu pelajar putra, regu pelajar putri, serta dari kategori umum.

Menjadi agenda wajib tahunan di Lamongan, gerak jalan napak tilas Mayangkara merupakan sebuah kegiatan sebagai peringatan dari perjuangan prajurit Batalyon Mayangkara yang dikomandani Jarot Subiyantoro saat melawan penjajah pada zaman Belanda tahun 1945 hingga 1955.

Mengawali kegiatan dengan upacara pemberangkatan napak tilas Mayangkara yang dipimpin langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, kegiatan ini dijadikan momentum untuk menanamkan jiwa kejuangan yang sudah ada sejak dulu di Lamongan. Yangmana dengan jiwa patriotisme dan nasionalisme akan memudahkan dalam mencapai kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

"Dengan memantapkan jiwa nasionalisme pasti akan mempermudah kita dalam mencapai kejayaan Lamongan yang berkeadilan. Karena dengan peringatan napak tilas Mayangkara tiap tahunnya pasti akan memotivasi kita menerapkan nilai-nilai kejuangan layaknya leluhur kita dahulu," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes saat memberangkatkan peserta.

Masing-masing regu yang berjumlah 7 orang itu akan menempuh jarak 19 Km untuk mencapai finish yang bertempat di Pendopo Lokatantra Lamongan. Karena melintasi jalan raya yang aktif maka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lamongan Kandam mengutus untuk menjaga lalu lintas.

"Karena melintasi jalan raya maka jagalah ketertiban untuk lalu lintas dan berhubungan dengan jarak tempuh yang panjang maka seluruh peserta jangan sampai dehidrasi," tuturnya.

Menjadi bagian dari perayaan kemerdekaan ke-77, kegiatan ini akan diberikan apresiasi berupa doorprize. Doorprize yang disiapkan terbagi menjadi 2 yakni undian untuk seluruh peserta karena setiap peserta diberikan kupon dan hadiah untuk pemenang yang memiliki kriteria kekompakan, ketepatan waktu tempuh, dan kostum menarik yang digunakan. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"