Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Minggu, 06 November 2022

Polres Tulungagung Tingkatkan Kemampuan Personel Hadapi Bencana Alam


Tulungagung, SNN.com - Memasuki musim penghujan, Polres Tulunggaung menyiapkan sarana prasarana untuk kegiatan penanggulangan bencana alam. 

Selain itu menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu ini, personel dari beberapa satuan fungsi juga disiagakan untuk cepat tanggap terhadap kondisi alam yang sewaktu – waktu tidak bersahabat di musim penghujan.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto Sik, Mh melalui Waka Polres Kompol Dodik tri Hendro Siswoyo Sh, Sik, Mik saat memimpin pelatihan peningkatan kemampuan bagi personil Polres Tulungagung dalam upaya penanggulangan bencana Hidrometeorologi atau curah hujan yang cukup tinggi

Menindaklanjuti hal tersebut kali ini Sat samapta Polres Tulungagung kembali menggelar pelatiahan kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang dipimpin Kasat samapta  AKP Santoso, Sh. Sabtu (5/11/2022).

Kasat Samapta Polres Situbondo AKP Santoso, Sh,  mengatakan bahwa kegiatan pelatihan penanggulangan bencana ini dilakukan untuk melatih  dan memastikan kembali kesiapan seluruh personel Polres Tulungagung dalam menghadapi kebencanaan maupun kejadian lain, serta bagaimana anggota mampu mengevakuasi korban dengan benar dan selamat baik terhadap petugas maupun terhadpa yang ditolongnya.


“Menekankan bahwa memasuki musim hujan seluruh personil Polres maupun  Polsek jajaran Polres Tulungagung  lebih meningkatkan kewaspadaan guna monitoring situasi, bilamana sewaktu waktu terjadi bencana anggota sudah siap.

Dia juga mengatakan bahwa keadaan geografi wilayah Kabupaten Tulungagung sebagiaan  adalah daerah pegunungan sehingga rawan terjadi tanah longsong, sedangkankan di daerah dataran rendah juga rawan terjadinya bencana banjir, pohon tumbang dan lain sebagainya.
 
Tidak hanya diberikan pelatihan dibidang kebencanaan anggota Polres Tulungagung dan Polsek Jajaran juga dilatih menghadapi kegawat daruratan  dengan mendatangkan instruktur dari Rumah sakit Bhayangkara Tulungagung. (Widodo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"