Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 18 Maret 2023

𝗗𝗣𝗖 𝗣𝗝𝗜 (𝗣𝗲𝗿𝘀𝗮𝘁𝘂𝗮𝗻 𝗝𝘂𝗿𝗻𝗮𝗹𝗶𝘀 𝗜𝗻𝗱𝗼𝗻𝗲𝘀𝗶𝗮) 𝗞𝗨𝗗𝗨𝗦 𝗣𝗘𝗥𝗜𝗢𝗗𝗘 2023-2026 𝗥𝗘𝗦𝗠𝗜 𝗗𝗜𝗟𝗔𝗡𝗧𝗜𝗞

KUDUS, SNN.com - Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pempinan Cabang (DPC) Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) perwakilan Kudus Periode 2023-2026, dilantik langsung oleh ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PJI, Hartanto Boechori.

Kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan DPC PJI perwakilan Kudus berlangsung di Pendopo rumah dinas wakil Bupati Kudus Jl. Diponegoro No. 31 Kudus. Jum'at 17 Maret 2023 pagi.

Ketua Umum DPP PJI , Hartanto Boechori menyerahkan SK Pengurus DPC PJI Kudus dan pemasangan PIN serta ID Card secara simbolis serta penyerahan bendera pataka kepada Ketua DPC PJI Kudus, Mardiana yang disaksikan oleh seluruh anggota dan para undangan yang hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus DPC PJI Kudus. 

Dalam pengamatan reporter snn.com,
Tampak dihadiri Ketua Umum DPP PJI Pusat bersama para delegasi PJI pusat, Forkompimda Kudus, serta perwakilan Kejari Kudus,Polres Kudus, Perwakilan Kodim Kudus, sejumlah Pimpinan Media dan ketua Ormas.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP PJI Hartanto Boechori mengatakan, dalam momentum ini diharapkan kepada seluruh insan PJI Kudus untuk melaksanakan tugas secara profesional.

Selain itu juga, kata dia diharapkan kepada seluruh elemen pemerintah, lembaga hukum dan masyarakat di Kabupaten Kudus untuk selalu mendukung program dan kegiatan DPC PJI Kudus.

“Saya senang hadir dalam acara ini. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana atas keberhasilanya sehingga acara ini berjalan baik, dalam kesempatan ini pula, sebagai Ketua Umum DPP PJI mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan pelantikan DPC PJI Kudus Periode 2023-2026", katanya.

Perlu diketahui bahwa, kepengurusan Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) ditingkat DPP, DPW, dan DPC Kepengurusannya berbeda periodisasinya.

"Pengurus Pusat DPP selama 5 tahun, pengurus DPW selama 4 tahun, dan pengurus DPC selama 3 tahun, Ketua DPC PJI Kudus, Mardiana adalah satu-satunya perempuan yang menjadi ketua didalam kepengurusan PJI", ungkapnya.

Lebih lanjut Buchori menambahkan, bahwa dalam menjalankan tugas profesi jurnalis atau wartawan, agar senantiasa berpegang pada Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang PERS dan Kode Etik Jurnalistik.

“Perlu diketahui, untuk penyelesaian masalah kerja jurnalis, sudah ada MoU antara Bareskrim Polri dan Dewan Pers bahwa soal masalah wartawan, diselesaikan melalui Dewan Pers, tidak lagi ditangani langsung oleh Kepolisian dan Kejaksaan", imbuhnya.

Dirinya juga menekankan perlunya mengetahui Visi dan Misi organisasi, PJI dapat bersinergi kepada seluruh stakeholder. Mulai pihak Pemerintah, Penegak Hukum, Swasta dan Ormas lainnya.

"Itu artinya PJI Welcome buat semua kalangan, serta untuk meningkatkan profesionalitas dan SDM, PJI dapat melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi wartawan di Indonesia", pungkasnya.

Dalam sambutan perdana ketua PJI Kudus Mardiana mengatakan, ucapan terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu dalam acara pelantikan dan pengukuhan DPC PJI Kudus. Terutama kami ucapkan terima kepada ketua DPP PJI Hartanto Buchori beserta rombongan.

"Puji syukur Al-Hamdulillah kami ucapkan semoga acara ini, dapat berjalan dengan lancar dan sukses", katanya.

Dalam kesempatan ini perlu kami sampaikan bahwa, misi dan tujuan ini tidak lain adalah demi terwujudnya kehidupan pers Nasional yang merdeka, profesional, bermartabat, dan beradab serta terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang akurat.

"Sebagai insan pers atau wartawan kita dituntut untuk selalu berjalan sesuai dengan kode etik jurnalistik, demi citra baik, kredibilitas, integritas sebagai wartawan", imbuhnya.

Dian panggilan akrab Mardiana berharap, setelah terbentuknya organisasi PJI Kudus ini, semua jajaran pengurus DPC PJI Kudus dapat solid dan kompak serta dapat bekerjasama sehingga terciptanya wartawan yang profesional.

"Mudah-mudahan DPC PJI Kudus Periode 2023-2026 bisa maju dan dapat menjadi organisasi wartawan yang lebih kredibel dan profesional", harapnya.

Setelah acara Pelantikan dan Pengukuhan DPC PJI Kudus selesai kemudian dilanjutkan pemberian penghargaan atau cinderamata kepada para tamu VVIP atau sejumlah petinggi di Kabupaten Kudus dan foto bersama.

Reporter : H.R.Alex

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"