Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 06 Maret 2023

KETUM DPP GIAN DALAM MENYAMBUT HUT KOSTRAD KE 62 TAHUN 2023

BOGOR, SNN.com - Dalam wawancara reporter media snn.com kepada R.Guntur Eko Widodo selaku Ketua Umum Lembaga Gerakan Indonesia Anti Narkotika (GIAN) dan ketepatan adalah salah satu anggota FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri  TNI Polri), melalui komunikasi WhatsApp  Senin, 06/03/2023, menyampaikan seputar tanggapannya dalam menyambut HUT KOSTRAD KE 62 Tahun 2023.

Kostrad dalam  memperingati HUT ke 62 mengusung thema *"Disiplin, Militan, dan Dicintai Rakyat".*

R. Guntur E Widodo, sedikit mengulas tentang  sejarah Kostrad. Tanggal 6 maret kenapa diperingatinya sebagai hari lahirnya Komando Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD), di tahun 2023 ini akan diperingati ulang tahunnya yang ke-62."imbuhnya.

Sejarah lahirnya Kostrad seperti yang telah disebutkan diatas, Kostrad merupakan singkatan dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat. Lahir pada tanggal 6 Maret 1961, sehingga diresmikan lah Kostrad dengan nama Cadangan Umum Angkatan Darat (CADUAD). Saat diresmikannya, Mayjen TNI Soeharto dipercaya menjadi Panglima KORRA 1 CADUAD.

Di lansir dari laman resmi Kostrad, CADUAD dibentuk pada waktu itu, karena saat itu pimpinan AD menganggap satuan militer yang bersifat mobile dengan kemampuan lintas udara (Linud) yang siap tempur diperlukan untuk tanah air.

Kasad Jenderal AH Nasution pun menggagaskan CADUAD pada akhir tahun 1960, untuk merealisasikan gagasan ini, maka dikeluarkan lah Skep Kasad No. KPTS.1067/12/1960 tanggal 27 Desember 1960.

CADUAD ini dibentuk dalam keadaan sangat mendesak, terlebih karena semakin panasnya masalah dengan Irian Barat yang masih menjadi sengketa dengan Belanda kala itu.

Presiden Soekarno pun mencetuskan TRIKORA pada tanggal 19 Desember 1961 yang berisikan :
1. Gagalkan pembentukan Negara Papua di Irian Barat.
2. Kibarkan Bendera merah putih di Irian Barat.
3. Bersiap-siap untuk mengadakan mobilisasi umum.

KORRA I CADUAD yang masih berusia kurang dari satu tahun kala itu, dipercaya untuk melaksanakan Operasi TRIKORA demi membebaskan Irian Barat dari Penjajahan Belanda. Setelah melakukan infiltrasi pada 19 Desember 1961 didaerah Fak-Fak, Misoi, Wagiu, Serui, Sorong, dan Kaimani, KORRA I CADUAD pun melakukan serangan umum.

Serangan umum ini dilakukan untuk melawan penjajah Belanda dengan sasaran Wilayah Biak, Jayapura. Belanda pun akhirnya menyerah dan Irian Barat dinyatakan bebas dengan berkibarnya Bendera Merah Putih pada 1 Maret 1963.

Setelah Irian Barat berhasil masuk wilayah NKRI, Operasi CADUAD dilanjutkan dengan Operasi "WISNU MURTI". Operasi ini adalah operasi lanjutan sebagai langkah konsolidasi yang bersifat biner dan operasi Linud yang sifatnya tempur.

Mayjen TNI Soeharto membuat telaahan staf yang intinya perlunya dibentuk pasukan cadangan strategis, setelah berkaca dari pengalaman Mandala. Gagasan Mayjen Soeharto inipun disetujui dan dikeluarkanlah Skep Kasad No. KPTS 178/2/1963 tgl. 19 Feb 1963.

Melalui surat keputusan ini, diputuskan bahwa KORRA I CADUAD resmi menjadi KOSTRAD. Tugas pokok dari Kostrad adalah melaksanakan operasi militer baik secara mandiri maupun sebagai bagian dalam suatu operasi gabungan dalam rangka mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tugas pokok dan fungsi Kostrad secara universal, tugas dari Kostrad adalah membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya serta menyelenggarakan operasi pertahanan tingkat strategis sesuai dengan arahan Panglima TNI. Untuk menjalankan tugas tersebut, Kostrad memiliki beberapa fungsi.
Fungsi utama Kostrad salah satunya menjalankan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan/atau Operasi Militer selain Perang (OMSP). OMP ini terdiri atas operasi gabungan, operasi matra darat dan operasi bantuan. Sedangkan OMSP ini bisa bersifat tempur dan Non tempur.

Di penghujung wawancara, R.GUNTUR EKO WIDODO, menyampai Segenap Anggota Lembaga Gian dari tingkat DPP hingga ke tingkat Wilayah maupun DPD di seluruh penjuru Nusantara, mengucapkan : DIRGAHAYU  KOSTRAD KE 62 TAHUN 2023.

(snn.com-s.yunaida/DPP gian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"