Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 04 Maret 2023

Petahana Maju Calon Petinggi Kampung Ngenyan Asa. Pinus: Menciptakan Kampung Mandiri Dan Sejahtera

Kutai Barat, SNN.com – Pemilihan petinggi kampung Ngenyan Asa kecamatan Barong Tongkok kabupaten Kutai Barat (Kubar) kembali digelar, 4 kontestan akan berjuang untuk menjadi pemimpin kampung periode 2023-2028.

Kampanye terbuka dan penyampaian visi misi 4 kompetitor tersebut berlangsung di halaman kantor petinggi kampung Ngenyan Asa Kamis (2/3/2023).

Pinus yang juga petahana belum merasa puas lantaran masih banyak program yang dicanangkannya selama periode 2017- 2023 belum tertuntaskan.

Pinus (Petahana). Calon Petinggi Kampung Ngenyan Asa yang memiliki nomor urut 4 ini harus berjuang keras untuk mengalahkan ke tiga saingannya pada pemilihan petinggi yang di jadwalkan pada 10 Maret 2023.

Dalam pidatonya pada kampanye terbuka dan penyampaikan visi misi  Pinus menyebutkan banyak program yang sudah ia tuntaskan selama dirinya memimpin.

“6 tahun saya memimpin warga kampung Ngenyan Asa ini mengalami kemajuan sangat pesat, satu demi satu pembangunan dapat terwujud. Visi misi periode ke dua ini saya mohon doa restu kepada warga masyarakat kampung Ngenyan Asa. Jika saya kembali terpilih dan mendapat kepercayaan itu merupakan amanah masyarakat yang harus saya jalankan sebaik-baiknya, "kata Pinus
Pinus juga memaparkan isi Visi Misi nya untuk mencapai kampung mandiri dan sejahtera.
“Visi, kampung mandiri dan sejahtera: bagaimana menciptakan kampung  mandiri dan sejahtera ini tentu sangat berat, peran dan keikutsertaan seluruh masyarakat sangat diharapkan.

"Oleh sebab itu untuk mencapai kampung mandiri dan sejahtera kita perlu modal, modal pertama kita harus punya sarana dan prasarana infrastruktur yang memadai. Masih ada daerah-daerah yang belum dibuka jalannya, bersyukur dengan kesadaran dan peranserta masyarakat kita ini rela menghibahkan tanahnya untuk dibuka jalan demi kelancaran ekonomi masyarakat sehingga tercapai penghasilan dan peningkatan usaha-usaha tani, "kata Pinus.

Ia juga menyebutkan ada 1800 orang yang akan di didik, melalui pelatihan agar memiliki karakter, sifat dan sumber daya manusia yang memadai. "Kita akan memproduksi baik barang ataupun jasa, kita juga membuka pasar tentu diperlukan juga modal usaha, kita sudah ada Badan usaha milik kampung bisa dilibatkan. Sampai saat ini lebih dari 100 orang sudah mendapat bantuan Kredit Usaha Rakyat dan semua mereka mengatakan itu berhasil, “imbuh Pinus.

“Untuk dana yang bersifat kelompok atau keanggotaan seperti koperasi, kelompok tani untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah sehingga mudah untuk mencapai suatu produksi hingga meningkatkan penghasilan dan pendapatan masyarakat.

"Kemudian dibidang kesehatan mulai tahun ini pemerintah kampung menganggarkan untuk membeli obat dan membayar operasional dokter untuk setiap bulan mereka datang mengobati masyarakat secara cuma-cuma, “ujar Pinus.

Pinus juga menyebutkan selama kepemimpinannya ia sudah membangun pasar.
"Kita memiliki pasar yang siap kita operasikan yaitu pasar Wira Jaya siap kita kelola, dalam waktu dekat ini kita membuka pasar ini pagi dan siang hari. Untuk mencapai masyarakat yang mandiri dan sejahtera kita juga telah melaksanakan pengurusan administrasi yang baik, gampang dan praktis, kita juga mengusulkan pembuatan sertifikat yang dibiayai oleh pemerintah tanpa biaya perorangan, “paparnya.

Pinus calon petinggi nomor urut 4 ini masih merasa yakin jika dirinya akan terpilih kembali lantaran warga masyarakat kampung Ngenyan Asa selama kepemimpinannya sudah merasakan langsung.

“Di Tahun 2023 ini kita bersyukur bahwa kita banyak mendapat bantuan dari pemerintah Kubar dan ini rekor tertinggi selama kami (Petahana) menjabat, ada 19 paket yaitu jalan Pesunaq 1, jalan Pesunaq 2, jalan Riun, jalan SMK, jalan Lapikng jalan Lekoh, jalan Gawaq Laden Tebaq 2.

"Kemudian jalan kelompok Tani PRPTE dan peningkatan jalan Bantuq Merjun, jembatan sungai Labang, semenisasi jalan Kol gunung, semesisasi jalan Bepadan dan peningkatan sertu jalan Mantuah, peningkatan Sertu jalan kelompok Tani sambungan dari SMK Raden Tebaq, “pungkas Pinus calon Petinggi kampung Ngenyan Asa nomor urut 4.

Penulis : Sukawati S.
Editor    : Wafa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"