Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 15 Agustus 2023

Apel Besar dalam Rangka Hari Pramuka ke-62 Digelar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Probolinggo

Probolinggo, SNN.com - Senin (14/8) pagi, sejumlah anggota pramuka tampak sigap dan cekatan mengaitkan rangkaian bambu panjang. Sebagian lagi, sedang mengirimkan pesan menggunakan bendera. Ya, mereka semua adalah anggota pramuka siaga, penggalang dan penegak yang sedang menunjukkan keterampilan tali temali membuat tenda rakit bambu, pionering menara pandang dan peragaan formasi semaphore. Atraksi tersebut ditampilkan saat apel besar dalam rangka Hari Pramuka ke-62 yang digelar oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Probolinggo di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo.

Bertindak sebagai pembina apel adalah Sekretaris Majelis Pembimbing Cabang sekaligus Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati. Dalam sambutannya, membacakan pesan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Sekda Ninik mengatakan bahwa semangat gerakan pramuka penting untuk membangun nilai-nilai wawasan kebangsaan.

“Wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara. Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” terang Ninik

Sekda Ninik juga menyampaikan bahwa saat ini Kwartir Nasional sedang menyusun aplikasi berbasis digital untuk mendukung perkembangan Gerakan Pramuka Indonesia. “Saat ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman,” kata Sekda Kota Probolinggo itu.  
Tahun ini peringatan Hari Pramuka mengusung tema Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional. Hadir di lokasi apel antara lain kepala perangkat daerah, jajaran pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Probolinggo serta perwakilan anggota pramuka tingkat siaga, penegak, penggalang dan pandega.

Sementara itu, salah satu anggota pramuka penggalang dari SMPN 4 Shella mengaku menikmati setiap aktivitas yang ada di organisasi kepanduan itu. Dirinya berharap di tahun-tahun kedepan Gerakan Pramuka berkembang lebih sukses. “Harapan saya sih, semoga Pramuka  lebih maju, terus untuk adik-adik anggota siaga, penggalang, dan pandega, penegak itu lebih semangat lagi menjalani pramukanya. Terus lebih banyak anggota yang masuk ke pramuka,” terang siswa yang kini duduk di kelas 9 itu. (NTR-Yoga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"