Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 21 Mei 2024

Ukur Kemampuan Fisik Personil, Kodim 0812/Lamongan Selenggarakan Tes Kesegaran Jasmani

Lamongan, SNN.com - Dalam rangka memelihara dan membina fisik secara berkala, Kodim 0812/Lamongan melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I tahun 2024 di Makodim 0812/Lamongan dan Kolam renang LSC Lamongan, Selasa (21/05/2024). 

Garjas Periodik ini merupakan program rutin dari Komando Atas yang bertujuan untuk mengecek dan meningkatkan kemampuan fisik para Prajurit agar dapat menjalankan tugas pokoknya sehingga dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.

Sebelum pelaksanaan Kesamaptaan, anggota terlebih dulu mengisi blangko ceklis dan pemeriksaan tensi darah oleh Tim Kesehatan dan dilakukan peregangan dan pemanasan oleh personil Jasmani Militer Korem 082/CPYJ untuk menghindari cidera saat pelaksanaan kegiatan.

Pelaksanaan kesegaran jasmani ini, meliputi Samapta A dan B. Samapta A yakni lari selama 12 Menit. Sementara untuk tes kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up dan Push Up selama 1 menit terakhir melaksanakan Shuttle Run. Kemudian dilanjutkan dengan ketangkasan berupa renang dasar gaya dada sejauh 50 meter.

Pasipers Kodim 0812/Lamongan, Kapten Cke Khoiri mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan fisik serta mengukur kemampuan para Personel dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD terutama di wilayah Kodim 0812/Lamongan.

"Ini merupakan bentuk atensi dari Komando atas kepada jajarannya. Bahwasannya fisik yang prima adalah kunci utama kesuksesan dalam menjalankan tugas sehari hari" ujarnya.

Pasipers juga menekankan kepada seluruh Anggota yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakan dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri.

"Bagi personil yang akan melaksanakan  garjas, saya berharap agar perhatikan arahan dari panitia penyelenggara. Apabila memang badan kurang fit, segera laporkan, jangan dipaksakan" tutup Pasi Pers Kodim 0812/Lamongan.

Sementara itu, Komandan Kodim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., menekankan bahwa hal yang paling utama adalah faktor keamanan. Oleh karena itu dirinya berharap agar masing masing personil dapat bertanggung jawab atas dirinya masing masing.

"Sehebat dan sebagus apapun latihan, tidak bisa disebut berhasil apabila ada unsur kecelakaan didalamnya" ujarnya singkat.

Tes kesegaran jasmani dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 20-21 Mei 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kodim 0812/Lamongan dan mendapatkan pengawasan langsung oleh Tim Jasmani Korem 082/CPYJ sebagai Supervisi. (Pendim0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"