Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 03 Mei 2024

Upacara Penyambutan Peserta Latsitardanus XLIV/2024 di Kalimantan Timur

BALIKPAPAN, SNN.com - Guyuran hujan mengiringi pelaksanaan upacara penyambutan kedatangan Latsitardanus XLIV /2024 bertempat di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jumat (3/5/2024).

Pj. Gubernur Kaltim Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si, Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si., Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo menyambut kedatangan 1850 peserta Latsitardanus XLIV /2024 yang menggunakan tiga kapal armada (Kapal  Perang RI Banda Aceh, KRI Banjar Masin, KRI Teluk Makasar).

Acara penyambutan diawali dengan pengalungan sal khas Kaltim oleh Pj. Gubernur Kaltim kepada salah satu peserta serta penyambutan tradis tarian adat Dayak dan dilanjutkan dengan yel-yel dari peserta Latsitardanus XLIV /2024.

Latsitarda Nusantara merupakan kegiatan rutin yang diikuti taruna akademi tingkat akhir sebelum akhirnya mereka dinyatakan lulus dan dilantik sebagai perwira TNI dan Polri.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya pengetahuan territorial.

Kegiatan ini juga bersifat integratif, diharapkan mampu mewujudkan solidaritas dan harmonisasi antar sesama Taruna Akademi TNI, Taruna Akpol, Praja IPDN, dan perwakilan Mahasiswa serta masyarakat setempat.

Para peserta Latsitardanus XLIV /2024 akan melaksanakan kegiatan selama 1 bulan di Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kukar dan Kabupaten Penajam.

Kapolda Kaltim mengucapkan "Selamat Melaksanakan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara XLIV Tahun 2024 di Kalimantan Timur" kepada seluruh peserta latihan, dengan harapan mereka dapat berbuat yang terbaik demi keberhasilan tugas dan nama baik Taruna.

(Arya Rusdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"