Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Kamis, 01 Juli 2021

Mewakili Kabupaten Lamongan, Posyantek Balan Makmur Desa Kebalanpelang Dinilai Tim Provinsi Jawa Timur


Lamongan, SNN.com - Keberhasilan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Balan Makmur Desa Kebalanpelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan dalam menciptakan Teknologi Tepat Guna (TTG) pembuatan pupuk organik cair (POC) dan obat penanggulangan hama untuk meningkakan hasil panen dan berdampak pada pengembangan ekonomi, mengantarkan mereka mewakili Kabupaten Lamongan dalam lomba Posyantek tingkat Provinsi Jawa Timur 2021.

Kamis 01 Juli 2021, Posyantek Balan Makmur Desa Kebalanpelang dinilai tim provinsi, yang dipimpin Prof. Alfian.

Turut mendampingi DPMD Provinsi Jawa Timur Imam Fery Wahyudi, SH, MM, DPMD Kabupaten Lamongan Hari Suryantoro Putro, S.Sos, M.IP, Camat Babat Ir. Mulkan, MM, Danramil Babat, TA Pendamping Kabupaten dan Pendamping Desa Kecamatan Babat.

Pemkab Lamongan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten (PMDK) mengharapkan pos pelayanan teknologi (Posyantek) Balan Makmur Desa Kebalanpelang, Kecamatan Babat mendapat nilai terbaik dan menjadi juara dalam perlombaan Posyantek berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan Pemkab Lamongan diwakili Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten (PMDK) Kabid. Pengelolaan Keuangan, Aset & Sumber Daya Desa, Hari Suryantoro Putro, S.Sos, M.IP saat menghadiri acara penilaian lomba Posyantek berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur di Balai Desa Kebalanpelang Kecamatan Babat.

Ia mengatakan, penilaian lomba Posyantek tingkat provinsi yang dilakukan oleh tim penilai diharapkan mampu memotivasi dan masyarakat untuk terus berbuat kedepannya dengan memanfaatkan segala potensi yang ada, baik dari sisi teknologi, cara berpikir, hingga paradigma kehidupan.

Lanjut Hari, melalui penilaian teknologi tepat guna (TTG) yang dilakukan oleh tim penilai dapat menghasilkan nilai terbaik, sehingga Posyantek Balan Makmur Desa Kebalanpelang yang mewakili Kabupaten Lamongan bisa maju untuk melangkah ke tingkat nasional.

“Semoga Posyantek Balan Makmur Desa Kebalanpelang meraih nilai terbaik dan memperoleh juara 1 di tingkat provinsi, agar nantinya bisa berlanjut ke tingkat nasional,” katanya.

Di sisi lain, ia juga meminta kepada pengurus Posyantek Balan Makmur untuk memberikan data-data yang akurat kepada tim penilai sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pemenangnya.

“Selain itu, kami juga berharap kepada tim penilai untuk bisa memberikan ilmu dan masukkan kepada Posyantek Balan Makmur supaya nantinya bisa meningkatkan serta mengembangkan segala potensi-potensi yang dimiliki, ”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua tim Penilai Prof Alvian menjelaskan, ada tujuh indikator penilaian. Yakni, profil posyantek, kelembagaan, pelayanan informasi, kemandirian dana dan program, pelatihan, pengembangan TTG dan penggunaan TTG oleh masyarakat.

“Kami berharap kepada pengurus posyantek agar dalam penilaian yang dilakukan, lebih pro-aktif dan komprehensif dalam memberikan data-data yang telah ditetapkan dalam indikator penilaian tersebut,” ujarnya.

Alvian juga berharap dengan penilaian posyantek ini menjadi langkah awal dari terwujudnya posyantek yang selalu dapat menyediakan informasi TTG yang dibutuhkan masyarakat.

“Kita harap posyantek mempunyai andil yang besar dalam peningkatan pendapatan dan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Alvian juga menjelaskan, lomba TTG ini dilaksanakan dalam rangka persiapan untuk pelaksanaan gelar TTG tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Jawa Barat pada bulan Oktober 2021 mendatang.

“Untuk menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur, tentu kita harus melakukan seleksi dulu. Nanti siapa pemenangnya di tingkat provinsi ini, akan kita usulkan untuk menjadi duta atau perwakilan Jawa Timur dalam lomba Posyantek tingkat nasional,” katanya.

Ketua Posyantek Balan Makmur Agus Sutikno dalam paparannya mengatakan, salah satu TTG yang menjadi unggulan mereka adalah teknologi pembuatan pupuk organik cair (POC) dan obat penanggulangan hama.

“Tujuan kita buat TTG pembuatan pupuk organik cair (POC) dan obat penanggulangan hama adalah agar Petani di Desa Kebalanpeng bisa memaksimalkan hasil panen, dan perekonomian petani semakin maju dan meningkat,” ujarnya.

"ada beberapa varian pupuk dan obat yang dihasilkan oleh Posyantek Kebalan Makmur diantaranya : POC Super ferin, Super POC, Bio Fresh dan PGPR. Selain pembuatan pupuk organik juga membuat pengembakniakan bakteri cendawan yang nantinya berguna untuk menangkal hama di awal masa tanam dan juga pengembangbiakan bakteri PGPR (Plant Growth Promotion Rhynobacteria) yang akan digunakan sebagai bahan utama pembuatan pupuk prganik cair, "pungkasnya. (redaksi/Wafa)

1 komentar:

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"