Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 24 Maret 2022

Jelaskan 4 Program Prioritas Pemkab Tuban Tahun 2023, Wakil Bupati Membuka Musrenbang Kabupaten Tuban Tahun 2022


Tuban, SNN.com - Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, SH., membuka Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang ) Kabupaten Tuban tahun 2022, Kamis ( 24/3/2022 ) di Pendopo Krido Manunggal Tuban. Pelaksanaan Musrenbang ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah ( RKPD ) Kabupaten Tuban tahun 2023.

Dalam sambutannya, Wabup Riyadi mengungkapkan penyusunan RKPD Kabupaten Tuban 2023 di selaraskan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah ( RKP ) tahun 2023 dengan tema ‘ Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan ’. Juga selaras arah kebijakan pembangunan Provinsi Jawa Timur berupa peningkatan dan pemerataan kualitas Sumberdaya Manusia untuk mendukung daya saing menyambut era industri perdagangan dan jasa berbasis agro guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Berdasarkan pedoman tersebut, lanjut Wabup, Pemkab Tuban memiliki 4 prioritas pembangunan Kabupaten Tuban di Tahun 2023. Pertama, peningkatan infrastruktur untuk pertumbuhan ekonomi, untuk layanan dasar dan peningkatan lingkungan yang berketahanan bencana. Kedua, penguatan berkelanjutan reformasi struktural perekonomian, berdaya, dan bernilai tambah. Ketiga, peningkatan kualitas pembangunan manusia melalui penyelenggaraan layanan dasar, peningkatan keterampilan teknis pelaku ekonomi dan ketenagakerjaan serta perlindungan sosial yang produktif. Keempat, perwujudan kualitas dan kinerja ASN sesuai tuntutan ekologis struktur yang sederhana, tata kelola yang terintegrasi berbasis elektronik, dan transformasi pelayanan yang adaptif. 

“ Tujuan akhirnya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Tuban,” paparnya.

Kang Riyadi sapaan akrab Wabup Tuban meminta pimpinan OPD melakukan percepatan penyusunan RKPD. Langkah tersebut dilakukan secara simultan dan saling berkoordinasi lintas OPD. Penyusunan RKPD juga mempertimbangan kekuatan anggaran dan manfaatnya.“ Agar penyusunan RKPD terintegrasi, selesai tepat waktu dan dapat segera ditindak lanjuti,” tuturnya.


Sementara itu mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Hadi Sulistyo, M.Si., menerangkan sejumlah program prioritas Provinsi Jawa Timur diantaranya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ) dan pertumbuhan ekonomi utamanya pada masa pandemi ini. Tidak hanya itu, juga di susun program guna menekan angka pengangguran terbuka dan persentase penduduk miskin. “ Penyusunan RKPD Kabupaten Kota di harapkan dapat menyesuaikan dengan arah kebijakan Pemprov Jatim,” bebernya.

Mengingat pelaksanaan Musrenbang Provinsi Jawa Timur akan dilaksanakan pada bulan April mendatang, Hadi Sulistyo meminta agar Kepala Bappeda dan Litbang Tuban menggenjot OPD untuk menyusun program pembangunan yang akan di kerjakan pada tahun 2023. Hasil Musrenbang Kabupaten Tuban akan di teruskan di tingkat Provinsi untuk di kaji lebih lanjut.

Untuk di ketahui, pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Tuban tahun 2022 di ikuti Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si perwakilan Forkopimda, pimpinan OPD dan Camat, akademisi, pelaku usaha, organisasi keagamaan, masyarakat, kepemudaan dan organisasi disabilitas di Kabupaten Tuban. Kegiatan ini juga di siarkan melalui streaming youtube, sehingga bisa di lihat oleh semua masyarakat. (Agus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"