Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 30 Maret 2022

Pemerintah Kabupaten Tuban Dan Perhutani Berkomitmen Jaga Ekosistem Dan Air, Peringati Hari Air Sedunia


Tuban, SNN.com - Pemkab Tuban bersama Perhutani KPH Tuban mengikuti peringatan Hari Air Sedunia yang di gelar secara daring oleh Kementerian PUPR RI, Rabu ( 30/3/2022 ). Bertempat di Puncak Banyulangse Desa Jadi, Semanding, Tuban, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tuban, Endro Budi Sulistyo dan Administrator Perhutani KPH Tuban, Miswanto memimpin proses penanaman pohon di mangga sekitar lokasi.

Kegiatan tersebut juga di ikuti sejumlah pegawai Dinas PUPRPRKP Tuban, Perhutani, Polisi Hutan, pegiat lingkungan, dan 300 siswa jenjang SD - SLTA setempat.

Kepada Wartawan SNN.com, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Endro Budi Sulistyo mengungkapkan penanaman pohon sebagai upaya merawat lingkungan dan mempertahankan sumber air tanah. Ketersedian air menjadi kebutuhan utama dan sumber kehidupan setiap manusia. 

Selaras dengan hal tersebut, Pemkab Tuban mendorong Pemerintah Kecamatan dan Desa agar mengedukasi warga agar meningkatkan kepekaan lingkungan termasuk melestarikan ekosistem dan air. “ Menjaga alam menjadi tanggung jawab semua masyarakat demi masa depan,” paparnya.

Sementara itu, Administrator Perhutani KPH Tuban, Miswanto menyambut baik upaya Pemkab Tuban dalam upaya menjaga lingkungan, salah satunya dengan penghijauan. Langkah ini sebagai upaya mitigasi bencana agar keberlangsungan ekosistem dapat terjaga. 

“ Kami siap bekerja sama dengan Pemkab Tuban memberi pemahaman arti penting lingkungan bagi keberlangsungan hidup manusia,” bebernya.


Miswanto mengatakan pihaknya menargetkan melakukan penghijauan sebanyak 1,7 bibit dengan luas lahan mencapai 1.140 hektar. Berseiring dengan kegiatan tersebut, juga di jalankan program pembenihan di seluruh BKPH berbagai jenis tanaman, diantaranya kayu putih, jati, mahoni, buah - buahan.

Tidak hanya itu, sebanyak 1 ton benih dengan jenis tanaman berakar kuat yang siap di sebar untuk menguatkan tanah. Lokasi yang di sasar merupakan Daerah di tepian sungai agar potensi tanah longsor dapat di tekan sekecil mungkin. 

Miswanto berpesan agar masyarakat mengambil peranan dalam upaya menjaga ekosistem dan air. Edukasi menjadi langkah penyadaran masyarakat akan terus dilakukan secara berkelanjutan.“ Semakin banyak orang yang maka kepedulian terhadap lingkungan akan meningkat,” tuturnya. (Agus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"