Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Senin, 28 Maret 2022

Pemkab Lamongan Mulai Membangun Situs Sejarah dan Cagar Budaya Tahun 2022


Lamongan, SNN.com - Pelestarian situs sejarah dan cagar budaya menjadi salah satu target pembangunan sektor pariwisata dan Kebudayaan Lamongan Tahun 2022 ini. Sebagaimana salah satu visi pembangunan yang telah dicanangkan oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi. 

Jejak jejak kejayaan sejarah Lamongan masa lalu, menjadi salah satu target yang akan dikembangkan, dilestarikan serta diintegrasikan dalam pengembangan pariwisata Lamongan, melalui Program Ramasinta.

Tahun ini, pembangunan situs sejarah dan cagar budaya Lamongan telah  dimulai secara simbolis dengan peletakan batu pertama situs makam Nyai Andongsari, Ibunda Gajah Mada, di Gunung Ratu, Cancing, Sendangrejo, Ngimbang, Senin 28 Maret 2022. 

Siti Rubikah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan menyampaikan bahwa fokus pelestarian situs sejarah dan cagar budaya di Tahun ini selain makam Nyai Andongsari, juga Makam Mbah Lamong,  Makam Joko Tingkir, Makam Mbah Kinameng serta penataan Kawasan di Situs Candi Patakan, Desa Pataan, Sambeng. 
Jejak - jejak kejayaan Lamongan masa lalu mulai era Airlangga dan Gajah Mada hinga masa peradaban Islam akan kita rekonstruksi, dengan harapan selain sebagai wujud pelestarian juga guna meningkatkan kebanggan masyarakat terhadap kebesaran peninggalan Lamongan, "Ujarnya saat menemani Yuhronur Efendi, Bupati Lamongan dalam prosesi simbolis peletakan batu pertama Makam Nyai Andongsari.

Beliau menambahkan, bahwa pembangunan beberapa situs sejarah dan cagar budaya di Lamongan ini ke depan akan diintegrasikan menjadi pengembangan pariwisata baik wisata religi dan wisata alam, sehingga target peningkatan kunjungan wisatawan dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar dapat tercapai.

Reporter : Zaenal A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"