Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 25 Maret 2022

Menjelang Bulan Suci Romadhan, Pemdes Talok Membersihkan Makam


Bojonegoro, SNN.com - Menyambut bulan Suci Ramadhan. Pemdes Talok mengadakan tasyakuran tradisi lain,seperti ziarah kubur/nyekar, yang masih menjadi tradisi masyarakat khususnya. 

Kegiatan Gotong-royong tersebut dipimpin langsung oleh H Samudi selaku kepala desa talok, biar memudahkan dan memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang berziarah atau ‘nyekar Pihak Pemerintah Desa Talok Kecamatan Kalitidu bersama Ratusan Pesilat dari Tiga Organisasi yaitu Bela Diri Judo, PSHT, dan PN kali ini membersihkan makam Islam yang ada di Desa Talok Kecamatan Kalitidu, Kamis (24/03/2022).

Ia menjelaskan, pembersihan makam dilakukan H-10 menjelang bulan suci Ramadhan karena tradisi masyarakat berziarah kubur banyak dilakukan. “Dengan pembersihan makam tersebut, kami ingin memudahkan masyarakat yang akan berziarah kemakam keluarganya biar enak, "ujarnya.

Bersama warga setempat pemdes talok dan semua organisasi yang ada di desa tersebut melakukan pembersihan dengan memotong rumput, membersihkan daun dan memangkas ranting pohon. Selain itu,  juga merapikan areal makam seperti,menyusun batu-batu Nisan yang Telah Roboh disusun kembali. 

H Samudi selaku Kades Talok Mengucapkan banyak Terimakasih kepada Semua Organisasi dan Warga desa yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah Desa Talok untuk membantu kegiatan kerja bakti tersebut. 

Kades menyampaikan bahwa semua organisasi yang ada di desa talok bersepakat tidak membuat tugu atau benner yang dipasang di pinggir jalan, biar suasana aman dan damai, karena semua itu saudara.

Reporter : Muri
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"