Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 12 September 2022

JALIN KEAKRABAN, BABINSA KORAMIL PAJARAKAN BANTU PETANI PANEN GARAM


Probolinggo, SNN.com - Dalam melaksanakan kegiatan monitoring dan pemantauan wilayah binaannya, Babinsa Karangbong Serda Didik Sujatmiko anggota Koramil 0820/15 Pajarakan melaksanakan komsos serta membantu panen garam warga binaanya disekitar pesisir pantai Desa Penambangan, Senin(11/9/2022).

Warga di beberapa wilayah Pajarakan masih terus eksis menggarap tambak sebagai lahan pertanian. Salah satunya adalah kelompok petani garam yang berada di pesisir pantai Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan , Kabupaten Probolinggo Sejak puluhan tahun yang lalu, mereka menggarap lahan tambak garam dengan luasan total sekitar 20 hektar.

Amin (40) Petani garam menerangkan, “Alhamdulillah, di Kecamatan Pajarakan masih ada petani tambak garam, sekitar 20 hektar kawasan di sini. Setiap 1 tahun, mereka bisa panen sampai 6 ton (per petak) dan panen ini dilaksanakan secara periodik antara lima sampai tujuh hari sekali,” ungkap amin.


Dikesempatan yang sama, Babinsa Karangbong Serda Didik Sujatmiko menjelaskan, kehadiranya kali ini untuk mengetahui secara nyata kondisi petani garam di wilayahnya,serta mendukung program pertanian untuk meningkatkan hasil garam masyarakat. Ini kaitannya dengan mendukung program ketahanan pangan nasional. 

“Di samping itu, ia juga mengaku siap memfasilitasi warganya yang membutuhkan pembinaan seperti pelatihan dan pendampingan agar kualitas produksi garam lebih meningkat.” Kata Didik.

Meski demikian, ia berharap, ke depan para petani di wilayahnya dapat memiliki produk garam sendiri. Sehingga perekonomian para petani garam meningkat dan kehidupan keluarga para petani garan semakin sejahtera. Pasalnya, selama ini hasil pengolahan garam mereka langsung disuplai ke pabrik-pabrik yang ada di wilayah lain di luar Probolinggo. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"