Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 11 November 2022

Cegah Abrasi Pantai, Dandim Probolinggo Ajak Berbagai Elemen Bangsa Tanam Mangrove


Probolinggo, SNN.com - Pantai Sumberejo Kecamatan Paiton merupakan salah satu pantai yang berada di sebelah timur wilayah kabupaten Probolinggo yang memiliki garis pantai yang di bilang panjang dan lambat laun bisa menjadi ancaman abrasi dan penyerapan air laut ke area daratan yang bisa membuat payau air di sekitarnya dan hal ini juga merupakan suatu yang perlu diwaspadai bagi kesehatan kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Melihat kondisi wilayah dalam ancaman alam maka Kodim 0820/Probolinggo mengambil tindakan yang dikemas dalam Kegiatan  Bakti TNI dengan mengadakan penghijauan menanam pohon mangrove, dengan menggandeng dari berbagai elemen bangsa baik TNI, Polri dan juga masyarakat.pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Probolinggo.
bertempat di Pantai Sumberejo Desa Sumberejo Paiton Probolinggo.Jumat (11-11-2022)

Hadir dalam penanaman pohon mangrove tersebut antara lain Letkol Arh Arip Budi Cahyono Dandim 0820/Probolinggo, Kompol Nur Khairi Kabaglog Polres Probolingg, Ir. H. Ahmad Hasim Ashari, MM Asisten  2  Pembangunan dan Perekonomian Kabupaten Probolinggo, Agus Priyo Utomo General Manager PT PJB UP Paiton, Budi Utomo Kabid Kesbangpol Kabupaten Probolinggo, Drs. Imam Syafi'i, M.Si Camat Paiton, anggota TNI dan Polri, Karang Taruna Desa Sumberejo, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat  Desa Sumberejo kecamatan Paiton Probolinggo yang berjumlah sekirar 200 Orang masyarakat sekitar pantai Sumberejo.

Dalam kesempatan tersebut Drs. Imam Syafi'i, M.Si Camat Paiton, mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0820/Probolinggo atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga kegiatan penanaman pohon mangrove ini menjadi kegiatan yang berkelanjutan sehingga bermanfaat bagi masyarakat pesisir pantai khususnya Pantai Sumberejo Desa Sumberejo Paiton Probolinggo. Jaga dan rawat tanaman ini sehingga pantai ini menjadi indah dan nantinya menjadi tujuan wisata bagi masyarakat sekitar dan dari luar daerah. 


Dalam pengarahannya Letkol Arh Arip Budi Cahyono, mengatakan, aksi tersebut adalah wujud penyelamatan lingkungan dengan menanam  mangrove yang bertujuan untuk mencegah Abrasi, mengurangi Emisi Karbon dan menjaga ekosistem pesisir. Selain melestarikan habitat pantai, mangrove dapat mencegah abrasi pantai dan Pemecah gelombang.

Lebih lanjut menurut Letkol Arh Arip, Saat ini upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta reboisasi dan penghijauan sudah tidak dapat ditunda lagi. Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, salah satunya ialah abrasi yang dapat menyebabkan penyempitan garis pantai.

“Kita bersama-sama berupaya menjaga ekosistem alam agar tetap seimbang. Harapannya kita selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan baik. Mangrove bukan hanya bermanfaat bagi lingkungan, akan tetapi mangrove nantinya juga bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya. (Pendim0820)

Reporter : Arini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"