Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Jumat, 11 November 2022

Kepolisian Resor Lumajang Menggelar Upacara Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan


Lumajang, SNN.com - Kepolisian Resor Lumajang Jawa Timur, menggelar upacara dalam rangka memperingati hari Pahlawan di halaman Mapolres Lumajang, Kamis (10/11/2022) pagi.

Dipimpin Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.I.K M.H, upacara diikuti oleh Wakapolres, PJU, Kasat, Kasi, Kapolsek Jajaran Polres Lumajang, berikut anggota hingga para ASN Polri berdinas di Polres Lumajang.

Dalam amanatnya, AKBP Dewa membacakan amanat dari Mensos RI Tri Rismaharini IT. Secara seksama detail hingga akhir, terbesit makna ajakan meneladani semangat juang para pahlawan dalam mengahadapi musuh, hingga mencapai kemerdekaan.

"Dalam momen peringatan hari pahlawan tahun 2022 ini, seyogyanya kita semua meneladani sikap, keberanian, kegagahan para pahlawannya kemerdekaan. Ada yang perlu kita garis bawahi bersama, yakni kesederhanaan. Berbekal bambu runcing dengan semangat kebersamaan, kompak bergandengan tangan semua elemen masyarakat, termasuk para tokoh, serempak bergerak menghadang musuh, hingga menang. Satu tekad sekali merdeka tetap merdeka," ucap Kapolres, pada awak media.

Disisi lain, Kapolres Lumajang juga menyinggung perihal pengorbanan. Penyikapan dan pola pikir panjang, hingga sampai pada tahapan keberlangsungan generasi penerus, patut diimplementasikan.

Menurutnya penting, sebab jika apa yang menjadi jiwa dan semangat para pahlawan kemerdekaan sudah tertanam dalam hati, akan mendorong kepedulian tinggi pada kelangsungan bangsa.

"Peduli itu tentu dalam artian yang luas. Mengingat ancaman dan tantangan yang nyata - nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh - sungguh," imbuh Kapolres senada amanat Kemensos. 

Bhineka Tunggal Ika termasuk poin diantaranya. Bersama merajut kekuatan, bangkit dari keterpurukan pasca Pandemi Covid - 19, tanpa memandang sekat dan perbedaan, selama kaitannya dengan satu bangsa Indonesia.

"Kekuatan persatuan dan kesatuan mari kita terus bina, sebagai bentuk penghargaan dan meneruskan cita - cita para pejuang. Jangan mau dipecah belah oleh pihak - pihak yang nyata - nyata ingin merusak. Kenang dan hormati 
perjuangan para pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai - nilai luhur pahlawan," tukasnya.

Sebagai aparatur penegak hukum, Kapolres mengajak anggotanya untuk sama - sama andil mencerdaskan kehidupan bangsa dengan cara dan inovasi senada memberikan edukasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

"Wujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan  yang cerah. Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa - masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang," pungkasnya. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"