Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 20 November 2022

KASDAM IV/DIPONEGORO DAMPINGI WAPRES RESMIKAN PEMBUKAAN FORUM HALAL 20 (H20) DI SEMARANG


SEMARANG, SNN.com – Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito dampingi Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin serta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin Kunker ke Jateng. Tujuan kedatangan Wapres untuk meresmikan Pembukaan Forum Halal 20 (H20) di Semarang yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama. Jumat (18/11/2022).

Pada hari pertamanya di Semarang, Wapres langsung meresmikan Pembukaan Forum H20 yang merupakan bagian dari gelaran Presidensi G20 yang berlangsung sejak 17 sampai 19 November 2022 mendatang. Diikuti 279 partisipan yang berasal dari 44 negara.

Dengan melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BPJPH dengan Helal Akreditasyon Kurumu (HAK) Turki, Saudi Food and Drug Authority (SFDA), serta lembaga lembaga nasional RI. Melalui forum yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama (Kemenag) tersebut, Wapres menegaskan 3 poin penting yang harus dioptimalkan untuk mendukung kesuksesan Presidensi G20 Indonesia.

Diantaranya mendorong BPJPH dan para perwakilan lembaga halal luar negeri untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inovasi terkini dalam penyelenggaraan jaminan produk halal. Melakukan kerja sama pengakuan dan keberterimaan sertifikat halal untuk ditindaklanjuti maupun ditambah cakupannya, serta pengembangan jaminan produk halal antarnegara agar terus diperluas.

Selain itu penyelenggaraan H20 dinilai sangat strategis dan relevan, sebab sejalan dengan komitmen pemerintah untuk terus mengembangkan dan memperkuat kerja sama pasar halal global.

“Jaminan produk halal, tidak hanya soal sertifikasi, tetapi juga soal teknologi, sumber daya manusia atau SDM, dan sarana prasarana. Untuk itu jadikan momentum ini untuk mewujudkan kemitraan halal global demi masa depan yang berkelanjutan” Ucap Wapres.

Usai meresmikan Pembukaan Forum H20, di hari kedua Wapres melanjutkan agenda Kunkernya dengan mengunjungi UMKM di Sanggar Batik Semarang 16, yang berlokasi di Tembalang. Dilanjutkan melaksanakan Salat Jumat di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), yang berlokasi di Gayamsari, Semarang. (snn.com-H.R.Alex/Pendam IV/Diponegoro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"