Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 13 November 2022

Tanggap Bencana, Danramil Tiris Pimpin Apel Gelar Ke Siap - Siagaan Bencana Alam


Probolinggo, SNN.com - Musim penghujan sudah mulai melanda diwilayah Kabupaten Probolinggo, dalam rangka mengantisipasi bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor yang kemungkinan terjadi. Kodim 0820/Probolinggo Khususnya Koramil 0820/ 24 Tiris bersama dengan unsur Pemerintah Daerah, Polri, Tenaga Kesehatan, Relawan KSB ( kampung siaga bencana) Kecamatan Tiris ,Anggota Arum jeram Songa, Pramuka dan para relawan, pagi ini telah melaksanakan apel gelar pasukan siaga bencana yang dilaksanakan di di Ranu Betok desa Ranuagung Kecamatan Tiris Probolinggo, Minggu (13-11-2022).

Bertindak sebagai menjadi Irup dalam Acara Kegiatan Apel ke siap siagaan Danramil 0820/ 24 Tiris  Lettu inf M Toha mengatakan, apel gelar pasukan siaga bencana yang dilaksanakan hari ini, dimaksudkan sebagai momentum pemersatu komitmen dan persepsi diantara semua elemen terkait penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama.

Dalam Amanatnya, Lettu inf M Toha menyampaikan terimakasih atas kehadiran para personil dalam Apel Siaga Bencana ini mengingat saat ini Tiris telah menghadapi musim hujan baik dengan intensitas sedang, tinggi bahkan ekstrim sehingga di beberapa wilayah Tiris yang rawan bencana alam seperti banjir, longsor, ataupun angin putting beliung harus dapat kita antisipasi. 

Oleh karena itu kita semua harus tetap waspada dan siaga dalam penanggulangan bencana alam seperti tersebut diatas. maka apel ini menjadi sangat penting untuk dilakukan guna mengetahui dan mengetahui persiapan baik personel maupun materiil yang sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu menanggulangi bencana alam secara cepat dan tepat sasaran.

Ia juga menekankan kepada seluruh peserta Apel agar kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sehingga dapat sesegera mungkin digerakkan bila suatu saat terjadi bencana alam.

Lettu inf M Toha menyebutkan, bahwa berdasarkan UU RI nomor 34 tahun 2004 bahwa tugas TNI disamping berperang atau Operasi militer juga membantu terhadap penanggulangan bencana Alam baik pada tahap tanggap darurat, rehabilitasi maupun rekontruksi.


Sudah ada beberapa titik yang di ketahui rawan bencana di beberapa daerah, yang sebelumnya sudah di bahas bersama ketua BPBD dan unsur Forkopimda, jadi sekarang ini kita laksanakan apel pengecekan seandainya terjadi bencana kita sudah siap bergerak, "terang Danramil Tiris".

Diakhir penyampaian amanatnya Danramil berharap kepada seluruh personil peserta Apel benar-benar memahami tugasnya masing-masing sehingga masyarakat yang terdampak dapat segera menerima bantuan.

"Laksanakan tugas ini dengan penuh semangat dan penuh rasa tanggung jawab, ini bukan bukan saja menjalankan tugas semata, namun ini merupakan pengabdian kita kepada bangsa dan negara, lebih khusus kepada masyarakat Tiris,"tutupnya.(Pendim0820).

Reporter : Arini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"