Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 06 Januari 2023

Desa Karang Geger Berinovasi Kelola Bank Sampah Hingga Raih Penghargaan


PROBOLINGGO, SNN.com - Desa Karang Geger, Kecamatan Pajarakan, kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, adalah desa yang mengikuti perkembangan zaman, kini menjadi desa mandiri, dan desa Cerdas, namun, tetap menjunjung tinggi nilai kebersamaan, gotong-royong dan spiritualisme yang menjadi kekuatan nilai lokal. 

Di masa depan desa Karang Geger, dengan pengembangan teknologi digital dalam berbagi informasi. baik untuk pelayanan publik dan pengembangan kawasan seperti infrastruktur, teknologi informasi, teknologi komunikasi, transportasi, zonasi, irigasi, drainase, danenergi. Aspek yang harus dipenuhi dalam awal pengembangan Desa, Jum.at, (  06/01/2023 )

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tidak semua Desa yang bisa menjadi Desa “Cerdas. Hanya Desa yang memiliki program-program unggulan yang sudah terbukti seperti Desa Karang Geger, yang berbasis penerapan teknologi tepat guna. Dengan penerapan teknologi ini diharapkan desa bisa melakukan berbagai capaian terobosan sehingga menjadi Desa “Cerdas.

Terkonfirmasi salah satu tokoh masyarakat, dirinya menjelaskan, Bawon Santoso kepala desa Karang Geger, yang bijaksana, selalu berfikir, bertindak dan bekerja untuk kesejahteraan warganya, 

Bawon panggilan akrabnya adalah pemimpin desa yang baik, selain memiliki kecerdasan intelektual, juga mempunyai kecerdasan emosional dan kepekaan sosial yang tinggi.dan sosok pemimpin ideal seperti ini jelas tergambar dari seorang kepala desa.

Berawal dari keprihatinannya melihat serakan sampah yang ada di lingkungan desanya, Bawon, mulai memutar otak agar sampah yang dinilai sangat menganggu kebersihan dan kenyamanan lingkungan di desanya. Setelah melakukan inventarisasi dari berbagai jenis sampah tersebut, akhirnya dia memutuskan untuk membuat Bank Sampah di desanya, karena dia melihat banyak dari sampah tersebut yang masih bisa di daur ulang dan memiliki nilai jual, sebuah ide cemerlang seorang pemimpin bisa menggagas dan mengimplementasikannya, apalagi untuk level desa.


Masih lanjut Tokoh Masyarakat, Mulailah kepala desa yang murah senyum itu mensosialisasikan kepada warganya agar memilah antara sampah organik dengan sampah anorganik yang masih bisa dimanfaatkan atau di daur ulang, dia kemudian menyediakan ruangan khusus disamping kantor desa khusus untuk menampung sampah yang dikumpulkan oleh warganya.

Karena dirasa bisa memberikan keuntungan bagi warga, maka wargapun antusias menyambut gebrakan sang kepala desa, yang bijaksana ini, setiap hari ratusan kilogram sampah terkumpul di bank sampah yang dikelola bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). 

Berkat gebrakan ini, desa Karang Geger yang dipimpinnya kini terlihat bersih dan nyaris tidak terlihat ada sampah berserakan lagi. Ada beberapa keuntungan dari gerakan bank sampah yang digagas oleh Kepala desa.

Berbagai prestasi yang diraih oleh pemerintah desa Karang Geger, sehingga banyak mendapat piagam penghargaan baik dari tingkat kabupaten, Provinsi, ataupun pemerintah pusat, "pungkasnya, Jumat (6/1/2023).

Sesaat tim media menemui kepala desa dikantornya, Bawon mengutarakan, “Insya Allah, kami dari Pemdes tidak akan berhenti sampai disini saja, tapi bagaimana kedepan kita akan terus berinovasi agar kita bisa memperoleh yang lebih baik lagi dari ini tahun depan,” tegasnya penuh semangat. (NITRO.YOGA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"