Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 05 Maret 2023

Arak Piala Adipura Keliling Kota Ratusan Petugas Kebersihan

BLORA, SNN.com – Ratusan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora kirab piala Adipura tahun 2022 yang diterima Blora sepekan lalu, Minggu pagi (5/3/2023).
 
Mengambil start dari alun-alun,  oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman, piala adipura diserahkan kepada petugas kebersihan yang selama ini menjadi pahlawan kebersihan lingkungan. Selanjutnya, para petugas kebersihan itu secara bersama-sama diarak dengan jalan kaki dan diiringi Barongan Blora.
 
Semuanya tampak bahagia. Wajar, karena  sudah lima tahun lebih Blora gagal mendapatkan Adipura (terakhir 2016). Dan tahun ini  berhasil mendapatkan Adipura  kategori Kota Kecil Terbersih dengan pengelolaan sampah yang baik.
 
Dari depan Pendopo Rumah Dinas Bupati, piala Adipura diarak menyusuri Jl. Alun-alun Utara - Jl. Pemuda - Jl. Tentara Pelajar - Jl. Dr. Sutomo - Jl. RA. Kartini - dan kembali ke Alun-alun.
 
Berswafoto
Ratusan petugas kebersihan yang terdiri dari tukang sapu, sopir truk sampah, pengendara bak sampah roda tiga, tim sapu bersih sampah liar, hingga petugas TPA tampak bergiliran memegang piala Adipura sambil sesekali berswafoto bersama Bupati di sepanjang jalan.
 
Seperti yang dilakukan Ngatmi, tukang sapu jalanan yang dengan semangat memegang piala Adipura sambil berjoget mengikuti iringan musik barongan. Demikian juga, Mbah Lasti, salah satu petugas kebersihan yang sudah senior merasa senang bisa memegang piala Adipura sambil foto bersama dengan Bupati saat arak arakan di Jalan Tentara Pelajar.
 
"Senang rasanya, senang banget. Sudah lama tidak dapat Adipura, akhirnya sekarang bisa pegang lagi. Maturnuwun Pak Bupati yang sudah menggelar acara ini. Kami jadi bangga dan lebih semangat untuk menyapu sampah setiap hari," ucap Ngatmi.
 
Sedangkan Lasti juga sama. Dirinya merasa haru, karena dapat memegang langsung Piala Adipura yang sudah lama diidamkan kembali ke Blora.
 
"Tahun 2016 dulu saya menerima piala ini di Alun-alun. Sekarang 2023 alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk menerima dan membawanya kembali. Kami senang, bangga. Apalagi Pak Bupati juga mengajak kita semua sarapan bersama di Pendopo. Baru kali ini kita masuk pendopo dan makan bareng. Semoga kedepan Blora semakin bersih. Kami mohon masyarakat jangan buang sampah sembarangan," pesannya.
 
Kepala DLH Blora, Istadi Rusmanto, menyampaikan bahwa jumlah petugas kebersihan yang mengikuti kirab Adipura ini sebanyak 144.  " Mereka terdiri dari penyapu jalan, sopir truk, sopir bak sampah roda 3, petugas TPA dan Satgas Sapu bersih sampah, hingga admin dan penjaga kantor. Semuanya kita undang sesuai arahan Pak Bupati," ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Arief Rohman menyampaikan bahwa selain arak arakan Piala Adipura. Sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh petugas kebersihan, pihaknya juga menyerahkan bantuan paket sembako, serta ramah tamah makan bersama.
 
"Kita serahkan bantuan paket sembako, dan kita ajak sarapan bersama di Pendopo Rumah Dinas. Menurut mereka baru kali ini petugas kebersihan diajak makan bersama dengan Bupati. Semoga ini bisa menjadi penyemangat mereka untuk terus berinovasi mengelola sampah dengan baik. Kami berharap prestasi ini bisa terus dipertahankan, semoga nanti juga bisa meraih Adipura Kencana. Semangat untuk tim kebersihan, jadikan Blora Go Green, ijo royo royo," ujar Bupati Arief.  

Reporter : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"