Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 17 Maret 2023

Peringati HUT Ke-49, PPNI Gelar Bazar Kesehatan

Probolinggo, SNN.com - Dalam rangka memperingati puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) tahun 2023 di Kabupaten Probolinggo, DPD PPNI Kabupaten Probolinggo menggelar bazar kesehatan di Alun-alun Kota Kraksaan, Jum’at (17/3/2023) pagi.

Kegiatan ini diawali dengan apel akbar yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko dan dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H Akhmad Sruji Bahtiar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Kegiatan yang diikuti oleh perawat anggota PPNI serta para perangkat desa dan pelajar di Kota Kraksaan ini juga dihadiri oleh direktur rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta di wilayah Kabupaten Probolinggo, Ketua Dewan Pertimbangan DPD PPNI Kabupaten Probolinggo serta Ketua DPD PPNI Kabupaten Probolinggo Sugianto beserta para pengurus.

Selain apel akbar, puncak peringatan HUT ke-49 PPNI dengan tema “Gapai Sejahtera dengan Profesionalisme” ini juga disemarakkan dengan santunan kepada 50 anak yatim, senam sehat bersama serta pemeriksaan gratis dan vaksin Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Timbul dan Sekda Ugas bersama sejumlah undangan yang lain meninjau pelaksanaan pemeriksaan gratis dan vaksinasi Covid-19 sebanyak 1000 dosis.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Probolinggo Sugianto mengungkapkan peringatan HUT ke-49 PPNI ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena setelah pandemi hampir 3 tahun PPNI vakum kegiatan-kegiatannya.

“Hari ini saatnya PPNI untuk melakukan aksi bersama masyarakat yang kita kemas dengan bazar kesehatan mulai dari senam bersama, pelayanan kesehatan, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan sampai dengan vaksinasi. Hal ini dalam rangka mendukung program pemerintah,” ujarnya.

Kepada seluruh perawat anggota PPNI, Sugianto berharap agar para perawat selalu meningkatkan komitmennya untuk terus belajar dan belajar. “Belajar dengan ayat yang tersurat dan tersirat sehingga kita bisa melayani dan bisa sejahtera dengan profesionalisme,” harapnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengatakan profesi perawat itu adalah profesi pilihan. Harapannya tentu perawat ini bisa melayani dan memfasilitasi masyarakat dengan baik sehingga masyarakat betul-betul terlayani dan difasilitasi dengan baik.

“Kita tahun masyarakat itu kadang ada yang paham dan belum paham. Maka dari itu tentunya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dari para perawat untuk mengedukasi kepada masyarakat tentang bagaimana menggunakan fasilitas kesehatan itu dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Wabup Timbul meyakini ke depan PPNI akan mampu menjawab tantangan sesuai kebutuhan profesi dan tuntutan zaman, utamanya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“PPNI Kabupaten Probolinggo telah berbuat dan berkontribusi dalam mengisi dan menyukseskan program-program pemerintah maupun program lain yang bersifat kolaboratif dengan hasil yang memuaskan,” jelasnya.

Menurut Wabup Timbul, salah satu peran penting perawat yang dirasakan adalah pada saat penanganan pandemi Covid-19. Peran perawat sangat luar biasa mulai penanganan di faskes tingkat pertama sampai faskes tingkat lanjut bahkan sampai pada penanganan jenazah.

“Oleh karena itu, atas nama pribadi dan pemerintah daerah, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para perawat yang telah menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 sehingga kita semua mampu melewati ujian ini dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Wabup Timbul berharap PPNI dapat terus menjalin hubungan yang baik dengan semua stakeholder, utamanya mampu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemerintah, antar organisasi profesi dan organisasi kemasyarakatan secara luas dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“PPNI juga harus dapat mengembangkan inovasi-inovasi layanan kesehatan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Kepada segenap pengurus PPNI Kabupaten Probolinggo saya berpesan untuk dapat berperan aktif dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (Feni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"