Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 10 Maret 2023

Presiden Joko Widodo Blusukan di Pasar Wilayah Blora, Begini Beritanya

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Saat mengunjungi pasar. Tepatnya Pasar Mendenrejo Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Merasa Kaget dengan Harga Cabai yang membumbung tinggi. Presiden RI Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Blora H. Arif Rohman
BLORA, SNN.com – Kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo ke Blora, Jawa Tengah kali ketiga, Jumat (10/03/2023), agak berbeda dari kunjungan-kunjungan sebelumnya.  Kali ini orang nomor satu di Republik ini blusukan ke pasar tradisional, yakni Pasar Mendenrejo, Kecamatan Kradenan.
 
Presiden Jokowi dibuat tercengang saat mengunjungi kios Sukarni, pedagang sembako di pasar yang terletak di Blora Selatan itu. Betapa tidak saat bertanya harga cabe rawit hanya Rp 23.000.  ‘’Hanya Rp 23.000, padahal di beberapa pasar lainnya sampai Rp 80.000,’’ ucap Jokowi sampaikan kekagetannya kepada  Bupati Blora, H. Arief Rohman.
 
Hingga akhirnya Presiden membeli cabe rawit dagangan Sukarni sebanyak 5 Kg. Sontak raut wajah pedagang itu ceria dan berulang kali mendoakan Presiden RI selalu sehat dan sukses.  ‘’Terimakasih Pak Jokowi semoga selalu diberi kesehatan dan sukses,’’ ungkap Sukarni.
 
Diketahui, Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Mendenrejo di Kabupaten Blora, sekaligus  untuk mengecek langsung harga sejumlah komoditas pangan. "Iya ini Pasar Mendenrejo di Kecamatan Kradenan, Blora ini termasuk pasar yang berada di pelosok sehingga kita perlu mengecek juga mengenai harga," ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.   
 
Menurutnya,  harga sejumlah bahan pangan di Pasar Mendenrejo terpantau baik. Misalnya, bawang merah terpantau berada di kisaran harga Rp30.000/Kg dan  minyak sawit stabil pada rentang harga Rp 14.000 - Rp 15.000.
 
"Tadi saya lihat harganya baik, bahkan justru tadi bawang merah harganya hanya di Rp30.000. Yang lain-lain saya lihat kemarin sampai Rp 38 dan Rp 40.000, sementara di sini hanya Rp30 .000. Minyak juga saya lihat baik, Rp 14.000 sampai Rp15.000 . Saya kira harga-harga masih pada kondisi yang baik di sini, meskipun berada di pelosok," jelasnya.
 
Selain mengecek harga, Presiden juga mengecek ketersediaan bahan-bahan pangan tersebut, utamanya menjelang bulan suci Ramadhan. "Kita ingin cek itu. Kondisi apa, stoknya ada tidak, suplainya ada tidak, harga ya seperti apa," imbuhnya.
Terkait kondisi pasar, Presiden menilai bahwa Pasar Mendenrejo kondisinya masih baik. Meskipun demikian, Presiden akan memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangunnya. "(Kondisinya) masih baik, tapi enggak apa-apa nanti saya akan perintah Menteri PU untuk dibangun," tandasnya.
 
Sementara itu, Mbah Rati salah pedagang di Pasar Mendenrejo, mengaku senang pasar Menden dicek secara langsung oleh Presiden. "Terimakasih pak Jokowi sudah hadir dan mengecek langsung pasar Mendenrejo, senang selalu pak presiden," ucapnya dengan senang.
 
Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut,  Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Blora Arief Rohman. Dalam kesempatan itu, presiden juga menyempatkan untuk sarapan lontong sambel di dalam pasar. 

Reporter : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"