Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 25 Oktober 2023

Coffe Morning Ngobrol Pintar dan Inspiratif, Cara Dandim 0812 Lamongan Bersilaturahmi Bersama Stakeholder Dalam Penanganan Karhutla

Lamongan, SNN.com - Dalam rangka Pencegahan dan Penanganan Bencana Alam Karhutla di wilayah Kabupaten Lamongan kodim 0812/ Lamongan menggelar diskusi yang bertajuk "NGOPI" ngobrol pintar dan inspiratif yang diadakan di Ruang Data Makodim 0812/Lamongan dengan  melibatkan seluruh stakeholder terkait antisipasi penanganan Karhutla. Rabu (25/10/2023).

Diskusi ngobrol pintar dan inspiratif dalam penanganan Karhutla ini diadakan untuk membahas langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Lamongan. 

Seperti yang diketahui, Karhutla memang menjadi salah satu masalah besar yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Lamongan khususnya di musim kemarau seperti ini

Dalam hal ini Komandan Kodim 0812/Lamongan, Dandim 0812/Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., menyampaikan dalam diskusi ngobrol pintar dan inspiratif ada beberapa program yang telah dilakukan untuk pencegahan Karhutla di wilayah Kabupaten Lamongan ini, di antaranya patroli yang dilakukan oleh para Babinsa, Babinkamtibmas dan kerjasama dengan masyarakat setempat, pihak perusahaan, Selain itu diskusi ngobrol pintar dan inspiratif juga membahas tentang upaya pengendalian Karhutla yang lebih efektif dan meningkatkan kesiapsiagaan personel.

Tak hanya itu diskusi ngobrol pintar dan inspiratif juga membahas rencana gelar apel bersama dengan instansi terkait, diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk lebih meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten Lamongan.

" Semua pihak diharapkan dapat terus berkolaborasi dan bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang aman dari kebakaran lahan hutan di wilayah Kabupaten Lamongan bagi masyarakat,” ungkapnya

Hadir dalam kegiatan ini," Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.IP, M.Han (Dandim 0812/Lamongan). Mayor Chb Heroe Goettojo (Kasdim 0812/Lamongan). Kapten Arm Hari (Pasi Intel Kodim 0812/Lamongan). Kapten Cba Mulyanto (Pasi Ops Kodim 0812/Lamongan). Kapten Inf Yogi (Pasi Pers Kodim 0812/Lamongan). Joko Raharto, SSTP., MAP (Kalaksa BPBD Lamongan). Bpk. Siswanto (Pemadam kebakaran Lamongan). Bpk. Irwan (Waka ADM KPH Mojokerto). Bpk. Bayu Nugroho (Kepala ADM KPH Tuban). Bpk. Agus Ruswanda (Waka ADM KPH Tuban). Bpk. Bandi Sugarto (Asper Bluluk KPH Mojokerto). Bpk. Bani Martani (Asper Ngimbang KPH Mojokerto). Bpk. Supadi (Asper Kambangan KPH Mojokerto). Bpk. Nanang Sunarko (Asper Mantup KPH Mojokerto). Bpk. Sujarwo (Asper Dradah KPH Mojokerto). Bpk. Sunardi (Asper Lawangan Agung KPH Mojokerto). Bpk. Nanang  M (Asper Kranji KPH Tuban). Bpk. Sarju (Asper Jompong KPH Tuban). Perwakilan Ketua LMDH wilayah KPH Mojokerto dan Tuban.

Tak hanya itu Bapak Joko Raharto, SSTP., MAP (Kalaksa BPBD Lamongan) juga menyampaikan Terima kasih bapak Dandim 0812/Lamongan atas terselenggaranya acara ini sehingga kita dapat berkumpul dalam acara ngobrol pintar dan inspiratif bareng, 

ada beberapa hal yang perlu kita sampaikan bahwa akhir-akhir ini kita terdampak adanya Elnino yang dipekirakan sampai bulan Februari tahun 2024.

Beberapa wilayah ada yang sudah turun hujan tetapi curah hujan yang masih kecil, di wilayah Kabupaten Lamongan diperkirakan akan menerima curah hujan sekitar bulan Nopember, efek dari Elnino yang sangat panjang diharapkan semua instansi ikut berpartisipasi dalam menjaga wilayah hutan khususnya.

Apabila terjadi bencana di suatu daerah yang paling terdampak adalah masyarakat sekitar wilayah yang terdampak selanjutnya akan melaporkan ke pimpinan dalam hal ini yang berperan adalah Camat sekitar wilayah kejadian, sehingga perlu beberapa langkah yang harus dilakukan apabila terjadi bencana salah satunya tentang kesiapsiagaan dan pencegahan akibat adanya bencana tersebut.

Kita dari BPBD Lamongan sudah melaksanakan evaluasi-evaluasi yang terjadi di wilayah dan dengan adanya kolaborasi tersebut, di wilayah Kabupaten Lamongan tingkat kejadian termasuk kategori yang tidak terlalu beresiko tinggi dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di sekitar Lamongan. (Pendim0812)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"