Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 29 Oktober 2023

Manfaatkan Lahan Kosong, Pekarangan Di Sulap Menjadi Kebun Sayur

Probolinggo, SNN.com - Salah seorang Babinsa Koramil 0820/02 Wonoasih Serka Rahmad bersama pengurus PKK kelurahan Jrebeng kulon Kecamatan kedupok kota Probolinggo yang jadi wilayah binaannya ubah lahan kosong jadi lahan produktif yang ada di kelurahan itu. 

Pemanfaatan lahan pekarangan yang tadinya terbengkalai di dihalaman akhirnya menjadi bermanfaat dan membuahkan hasil panen sayuran seperti sawi, tomat, dan cabai.

Serka Rahmad anggota Koramil 0820/02 Wonoasih dalam wawancaranya mengunggapkan, Pemanfaatan lahan pekarangan yang tadinya terbengkalai di dihalaman akhirnya menjadi bermanfaat dan membuahkan hasil panen sayuran seperti sawi, tomat, dan cabai. dari pada tidak dimanfaatkan, lebih baik kita tanami tanaman yang bermanfaat untuk menunjang ekonomi masyarakat," kata Rahmad kepada Pendim 0820, Sabtu siang (28/10) kemaren.

"Inti dari program ini sendiri ingin mengajak ibu ibu PKK kelurahan Jrebeng kulon untuk dapat memanfaatkan perkarangan kantor kelurahan yang sebelumnya terbengkalai menjadi produktif," ujarnya. 

Lanjutnya, dari pemanfaatan lahan perkarangan menjadi kebun sayur, diharapkan agar di contoh masyarakat Jrebeng kulon secara luas sehingga bisa mendapatkan nilai ekonomis, dengan tidak lagi membeli sayuran namun dapat menjual sayuran.

"Pemanfaatan lahan kosong menjadi produktif ini salah satu program TNI dalam menciptakan ketahanan pangan. Ketahanan pangan perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kesulitan dalam memperoleh ketersediaan bahan pangan," ungkap Rahmad.

"Kita bisa memenuhi kebutuhan sayur-sayuran keluarga, tanpa harus membeli. Terlebih, dengan menanam sendiri, sayuran tersebut lebih terjamin mutunya karena tidak menggunakan pestisida. apa lagi menggunakan pupuk alam," pungkas Rahmad. (Arini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"